Sulawesi Barat

Dirjen Otda Akmal Malik Dilantik Jadi Pj Gubernur Sulawesi Barat Hari Ini

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 12 Mei 2022 06:00 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik
Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Mamuju -

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik hari ini akan dilantik menjadi penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar). Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan karena Ali Baal Masdar yang menjabat Gubernur Sulbar untuk masa jabatan 2017-2022 berakhir hari ini.

Pelantikan Pj Gubernur Sulbar ini akan digelar di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C Lantai 3 Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian direncanakan akan memimpin prosesi pelantikan yang digelar pagi ini. Pelantikan ini untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah provinsi Sulbar.


Untuk diketahui, Ali Baal Masdar yang berpasangan dengan Enny Anggraeni Anwar berhasil memenangkan pilgub Sulbar 2017. Mereka mengalahkan dua pasangan lainnya yaitu Suhardi Duka-Kalma Katta dan Salim S Mengga-Hasanuddin Mas'ud.

Pasangan Ali Baal Massdar- Enny Anggraeni Anwar ini kemudian dilantik pada 12 Mei 2017 silam oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.

"Insyaallah saya akan hadir besok (Kamis). Mungkin saya berangkat sebentar malam, lewat darat ke Makassar, dari Makassar langsung ke Jakarta," ujar Ali Baal Masdar kepada wartawan di Mamuju, Rabu (11/5/2022).

Ali Baal mengaku sudah menerima surat undangan pelantikan Pj Gubernur Sulbar. Meskipun tidak disampaikan di surat pengisi posisi Pj Gubernur Sulbar, Ali Baal menyebut posisinya kemungkinan diisi Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik. Surat tertanggal 10 Mei 2022 tersebut diteken Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro atas nama Mendagri Tito Karnavian.

"Kalau tidak salah, mungkin sudah Dirjen Otda, Pak Akmal," bebernya.

Dia berharap Pj Gubernur Sulbar yang akan dilantik bisa meneruskan program pembangunan yang sudah dilakukan selama menjabat selama 5 tahun. Pembangunan sektor kesehatan, pendidikan, ekonomi serta peningkatan sarana dan prasarana diharapnya jadi perhatian bagi Pj gubernur.

"Harapan kita, bisa melanjutkan apa yang sudah buat selama ini. Jadi yang tidak baik dihilangkan, yang baik dilanjutkan terus bahkan ditambah lagi. Prioritas di bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, sarana dan prasarana semuanya," pungkas Ali Baal.

Dilansir dari detikNews, rencana pelantikan Akmal Malik sebagai Pj Gubernur Sulbar dibenarkan pihak Kemendagri. Dirjen Otda Kemendagri tersebut akan dilantik hari ini.

"Benar. Rencana (dilantik), Kamis, 12 Mei (hari ini), pukul 08.00 WIB, di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri," kata Staf Khusus Mendagri Tito Karnavian, Kastorius Sinaga, kepada detikcom, Rabu (11/5). Kastorius menjawab pertanyaan apakah betul Akmal Malik dilantik jadi Pj Gubernur Sulbar.

Namun Kastorius menyebutkan tidak hanya Akmal Malik yang akan dilantik hari ini. Total ada lima Pj Gubernur yang akan dilantik Mendagri Tito Karnavian hari ini.

"Lima penjabat gubernur akan dilantik oleh Bapak Mendagri," beber Kastorius.

Untuk 5 Pj Gubernur yang dilantik antara lain Pj Gubernur Banten, Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Pj Gubernur Gorontalo, Pj Gubernur Papua Barat, dan Pj Gubernur Sulbar.

Dari daftar 5 nama yang diterima detikcom, terlihat ada nama Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, yang akan menjabat Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, akan menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Untuk Pj Gubernur Banten dipilih Al Muktabar yang saat ini menjabat Sekprov Banten. Selanjutnya ada Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kemenpora Hamka Hendra Noer menjadi Pj Gubernur Gorontalo dan Komjen (Purn) Paulus Waterpauw yang saat ini menjabat Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kemendagri menjadi Pj Guberur Papua Barat.



Simak Video "Namanya Masuk Bursa Pj Gubernur DKI, Kapolda Fadil Imran : Saya Tak Berminat!"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/tau)