ASN Makassar yang Kedapatan Bolos Kerja 6 Bulan Hanya Absen Lalu Pulang

ASN Makassar yang Kedapatan Bolos Kerja 6 Bulan Hanya Absen Lalu Pulang

Darmawanti Adellia Adipradana - detikSulsel
Senin, 09 Mei 2022 19:19 WIB
Kantor Wali Kota Makassar Sulsel
Foto: ASN Kota Makassar kedapatan bolos 6 bulan bakal disanksi. (Noval Dhwinuari Antony-detikcom)
Makassar -

Seorang aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang kedapatan bolos kerja selama enam bulan terungkap hanya sekadar mengisi absen lalu pulang. Kinerja pegawai tersebut tidak pernah terpantau dilakukan di kantor.

"Dia absen saja, tidak masuk (kantor)," ucap Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, Zainal Ibrahim saat dikonfirmasi oleh detikSulsel, Senin (9/5/2022).

Dia berdalih kondisi ini menyulitkannya untuk melaporkan bawahannya yang bernama Koslan selaku staf fungsional di Kesbangpol. Zainal beralasan yang bersangkutan tercatat hadir dalam sistem meski hanya sekadar absen finger dan deteksi wajah.


"Absensinya terdaftar, bagaimana caranya dilaporkan, kecuali kalau tidak terdaftar dalam absensi," ujar dia.

Zainal mengaku telah memberikan teguran sebanyak dua kali dalam rentang waktu enam bulan, namun tidak diindahkan. Pihaknya pun telah melaporkan kinerja Koslan kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

"Sudah ditegur yang bersangkutan, tidak kooperatif. Hari ini sudah dilaporkan (ke BKPSDM Makassar)," terang Zainal.

Dihubungi terpisah, Kepala BKPSDM Kota Makassar Siswanta A. Attas mengaku, pihaknya juga baru mengetahui adanya pegawai bolos kerja enam bulan saat inspeksi mendadak (sidak) tadi pagi. Kesbangpol sebelumnya tidak pernah melaporkan bawahannya itu.

"Tidak ada masuk (laporannya). Baru tadi kita dapatkan berarti tidak ada laporan dari instansinya, dari SKPD-nya minimal kasubag umum dan kepegawaiannya melapor," ungkap dia saat dikonfirmasi detikSulsel, Senin (9/5).

Pihaknya pun segera memanggil pegawai yang bersangkutan untuk dimintai penjelasan soal ketidakhadirannya selama enam bulan. BKPSDM akan membawa masalah ini ke inspektorat untuk memberikan sanksi.

"Jadi pasti kita akan panggil untuk klarifikasi, lalu kita opor ke inspektorat untuk didalami lagi, nanti hasil inspektorat ke BKPSDM baru kita tindak lanjuti," ucapnya.

Diketahui kedapatan bolos enam bulan baru ketahuan ketika Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto melakukan sidak di kantor Kesbangpol Makassar. Danny sempat mengabsen pegawai satu per satu hingga tiba nama Koslan dipanggil, namun tidak ada yang menjawab.

Danny menegaskan bakal memberikan sanksi tegas. Koslan terancam mendapat sanksi berat karena sudah enam bulan tidak masuk kantor tanpa keterangan sama sekali.

"Akan ditindaki lewat BKD dan pemeriksaan dari inspektorat," tegas Danny.



Simak Video "Mendag Sidak Pasar di Sumedang: Harga Terlalu Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)