Emosi Disalip Bikin Sopir Truk di Makassar Serang Bus Trans Mamminasata

Tim detikSulsel - detikSulsel
Rabu, 20 Apr 2022 08:00 WIB
Tangkapan video perusakan bus Trans Mamminasata
Tangkapan layar video perusakan armada Teman Bus Trans Mamminasata (Foto: Istimewa)
Makassar -

Armada Teman Bus Trans Mamminasata menjadi sasaran perusakan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pelaku diduga sopir truk yang emosi hanya karena tidak terima disalip.

Perusakan bus terjadi di sekitar Kawasan Industri Makassar (KIMA), Senin (18/4) sore. Kasus perusakan resmi dilaporkan ke pihak berwajib.

"Ada sopir yang emosi disalip. Tiba-tiba merusak bus," ungkap Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dishub Sulsel Prayudi Syamsibar kepada detikSulsel, Selasa (19/4/2022).


Perusakan ini dilakukan oknum sopir truk dengan cara dihadang. Selanjutnya terduga pelaku melakukan perusakan dengan cara memecahkan kaca bus.

"Bus dihadang kemudian dihantam dengan batu. Kaca bus dipecahkan. Begitu informasinya," katanya..

Pihaknya menyayangkan insiden ini apalagi karena hanya dipicu masalah sepele. Insiden perusakan armada bus Trans Mamminasata ini juga diklaim baru pertama kali terjadi.

"Kejadian biasanya hanya penghadangan. Tapi ini cukup parah karena bus langsung dirusak," bebernya.

Prayudi menambahkan, akibat insiden ini sempat membuat penumpang panik. Dia lantas meminta pelaku perusakan tersebut diamankan.

"Kami minta polisi usut segera. Pelaku diamankan. Semoga tidak lagi terjadi insiden perusakan seperti ini," tuturnya.

Polisi Janji Usut Perusakan Bus Trans Mamminasata

Sementara itu, pihak kepolisian berjanji segera mengusut kasus ini. Apalagi laporan kejadian sudah diterima.

"Sudah diterima laporannya kemarin. Saya pelajari dulu (kasusnya)," ungkap Kanit Reskrim Polsek Biringkanaya Iptu Nurman Matasa kepada detikSulsel, Selasa (19/4).

Dia menuturkan para pelaku sempat melakukan penghadangan sebelum melakukan perusakan. Ini sesuai keterangan korban sopir bus yang telah diperiksa setelah menyampaikan laporan peristiwa perusakan tersebut.

"Kita sudah ambil keterangan korban," tukas Nurman Matasa.

Detik-detik Perusakan Bus Trans Mamminasata

Aksi penyerangan tersebut direkam oleh sejumlah penumpang bus. Sedikitnya ada dua potongan video insiden perusakan yang beredar.

Video beredar yang pertama memperlihatkan bus Trans Mamminasata dihadang beberapa orang. Salah seorang di antaranya lantas melakukan perusakan yang membuat para penumpang histeris.

Di samping bus tampak seorang pria mengenakan baju biru dan songkok Bugis memegang batu dan sempat menghantam bodi bus beberapa kali. Dia juga terlihat menghantam kaca bus.

"Video-video i (coba divideo)," terdengar suara penumpang pria meminta penumpang lainnya mengabadikan serangan tersebut.

Sementara pada potongan video kedua yang juga direkam penumpang, tampak dalam video tiba-tiba datang pria mengenakan topi dan baju kaus berwarna oranye memecahkan kaca samping bus dengan batu. Gerakannya berlangsung dengan cepat.

Terdengar pula suara penumpang yang terdengar heran karena tidak mengetahui alasan perusakan bus yang mereka tumpangi tersebut.

"Woe astagfirullah," teriak penumpang perempuan yang histeris karena kaca berserakan.



Simak Video "Kemenhub Gaet Polri Siapkan Skema Contraflow-Gage saat Mudik Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/hmw)