Aksi Ustaz Maulana Terobos Kemacetan Parah Poros Bone-Makassar Pakai Motor

Aksi Ustaz Maulana Terobos Kemacetan Parah Poros Bone-Makassar Pakai Motor

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 28 Mar 2022 06:00 WIB
Ustaz Maulana viral mencegat dan membonceng pemotor gegara terjebak macet di Maros, Sulsel.
Aksi Ustaz Maulana terobos kemacetan parah di jalan poros Bone-Makassar, Sulsel viral di media sosial. Foto: (dok. istimewa)
Makassar -

Aksi Ustaz Maulana menerobos kemacetan parah di jalan poros Bone-Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral di media sosial (medsos). Ustaz kondang itu mencegat dan membonceng pengendara motor yang melintas di ruas jalan tersebut.

Aksinya terekam dalam video viral berdurasi 26 detik seperti dilihat detikSulsel, Minggu (27/3). Dalam video beredar Ustaz Maulana tampak menggunakan baju kokoh berwarna hijau dengan sarung gradasi warna hijau, cokelat, dan hitam. Dia juga tampak menggunakan syal warna abu-abu kecokelatan dan songkok hitam.

Dalam video tersebut Ustaz Maulana terlihat mencegat seorang pria pengendara motor yang melintas di tengah macet. Tanpa basa basi ia lalu mengambil kendali motor itu dan membonceng pria pengendara motor tersebut.


Sejumlah warga dalam video viral tampak membantu Ustaz Maulana mengangkat barang bawaannya. Barang bawaan itu dan dipangku sebelum Ustaz Maulana berangkat.

"Tidak biasa ka dibonceng," kata Ustaz Maulana dalam video viral, lalu bergegas meninggalkan lokasi.

Saat dikonfirmasi, Ustaz Maulana mengatakan peristiwa itu terjadi saat dia hendak pulang ke Makassar pada Jumat (25/3). Ustaz Maulana baru pulang dari Bone mengisi ceramah Isra Miraj.

"Iye. Dari Bone ka kemarin ceramah. Terjebak macet ka di Maros," ungkap Ustaz Maulana saat dimintai konfirmasi detikSulsel Minggu (27/3/2022).

Aksinya mencegat dan membonceng pengendara motor yang melintas disebutnya karena buru-buru. Dia saat itu harus segera menghadiri acara pernikahan keponakannya di Makassar.

"Pas tiba di Ale Kappang langsung tinggalkan. Saya inisiatif ambil motor karena ponakanku mau menikah baru saya saksi. Dia menikah di Sudiang (Makassar) dan sudah ada patwal menunggu," jelasnya.

Cegat Pengendara Motor Gegara Terdesak Waktu

Ustaz Maulana mengaku terdesak waktu sehingga mencegat pengendara motor yang melintas di tangah macet di jalan poros Bone-Makassar itu. Dia tidak ingin membuat orang yang sudah dijanji menunggu lama karena kemacetan parah tersebut.

"Sebenarnya saya mau hadiri nikahkan ponakan (anak kakak saya)," kata Ustaz Maulana saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Minggu (27/3).

Dia mengaku sudah punya janji menghadiri acara pernikahan keponakannya di Makassar jam 9 pagi. Namun saat perjalanan dari Bone ke Makassar dia terjebak macet parah di wilayah Ale Kappang, Kabupaten Maros sekitar jam 8 pagi.

"Sudah janji jam 9 pagi tapi kendaraan tidak jalan, maka saya kasihan kalau mereka menunggu apalagi hari Jumat," katanya.

Karena desakan waktu itu, Ustaz Maulana lantas mencegat pengendara motor dan mengambil kendali motor. Dia kemudian bergegas menuju elevated road di kawasan Bantimurung karena sudah ditunggu mobil patwal.

"Keburu nanti salat Jumat maka saya langsung naik motor dari pada menunggu. Sudah ada patwal menunggu di sana," jelasnya.

Tinggalkan Sopir dan Pengawal

Dikonfirmasi terpisah, perekam video viral Isall mengungkapkan Ustaz Maulana tidak begitu lama terjebak macet. Setelah mengetahui macet mengular cukup panjang dia langsung mencegat pengendara motor yang melintas.

"Kemarin itu ada mobil 6 roda rusak di Ale Kappang, kebetulan Pak Ustaz dari Bone mau ke Makassar. Tidak lama ji terjebak macet karena naik motor ki," ucapnya.

"Sementara pengawalnya sama sopirnya (ditinggalkan) terjebak macet dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang," sambung Isall.



Simak Video "Menikmati Pemandangan Indah Hamparan Sawah dengan Secangkir Kopi, Maros"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hmw)