3 Rekomendasi Transportasi Surabaya-Bondowoso

3 Rekomendasi Transportasi Surabaya-Bondowoso

Dina Rahmawati - detikJatim
Rabu, 19 Okt 2022 16:10 WIB
Ilustrasi jalan
Ilustrasi jalan/Foto: Getty Images/PPAMPicture
Bondowoso -

Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu kawasan situs Ijen Geopark. Bondowoso memiliki sejumlah obyek wisata alam yang memukau. Seperti Kawah Ijen, Taman Batu So'on Solor, Kawah Wurung, hingga Air Terjun Gentongan.

Jika detikers hendak berkunjung ke Bondowoso dari Surabaya, ada dua transportasi umum yang bisa digunakan. Yakni bus dan travel.

Jarak Surabaya ke Bondowoso sekitar 200 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 4-5 jam.

Berikut rekomendasi transportasi Surabaya-Bondowoso:

1. Bus

Bus yang melayani perjalanan Surabaya-Bondowoso terbatas. Salah satu armada bus yang dapat digunakan adalah Ladju. Bus tersebut dapat ditemukan di Terminal Purabaya.

Selain itu, detikers juga bisa memanfaatkan transit bus untuk menuju Bondowoso. Misalnya, naik bus Surabaya-Probolinggo.

Sampai di Terminal Banyuangga Probolinggo, detikers bisa berganti naik bus yang menuju Bondowoso. Bisa juga menggunakan bus Surabaya-Situbondo, lalu turun di Terminal Besuki untuk berganti naik bus yang menuju Bondowoso.

2. Travel

Selain bus, perjalanan dari Surabaya ke Bondowoso juga dapat ditempuh dengan jasa travel. Beberapa jasa travel yang bisa digunakan antara lain, Bali Dewata Transport, Lintas Nusa Travel, Nusa Trans Travel, Baliajeg Travel, Travel Jember Group, Haga Jaya Travel, hingga Dwi Travel.

Jasa travel dilengkapi dengan layanan antarjemput, baik dengan sistem door to door maupun point to point.

Dengan harga mulai dari Rp 120.000, penumpang sudah mendapatkan fasilitas seperti AC, reclining seat, charger HP, musik, hingga makanan ringan.

Untuk jadwal keberangkatan dan reservasi kursi dapat dilakukan melalui website jasa travel masing-masing.

3. Kereta Api

Jika ingin menempuh perjalanan Surabaya-Bondowoso menggunakan kereta api, ada 6 jenis kereta yang tersedia. Yakni KA Logawa dengan harga antara Rp 115.000 sampai Rp 225.000, KA Sri Tanjung dengan harga Rp 88.000, dan KA Wijayakusuma dengan harga antara Rp 165.000 hingga Rp 300.000.

Ada pula KA Probowangi dengan harga Rp 56.000, KA Ranggajati dengan harga Rp 175.000 hingga Rp 300.000, serta KA Mutiara Timur dengan harga antara Rp 240.000 hingga Rp 350.000.

Untuk jadwal keberangkatannya bisa dicek melalui aplikasi KAI Acces atau website resmi KAI.

Namun, kereta api tersebut hanya sampai pada Stasiun Kalisat Jember. Untuk melanjutkan perjalanan ke Bondowoso, detikers bisa naik angkutan umum jurusan Jember-Bondowoso.



Simak Video "Potret Salamander Axolotl, Amfibi Asli Meksiko yang Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)