Mangrove Gunung Anyar-Medokan Ayu Bakal Punya Jet Sky-Auditorium

Mangrove Gunung Anyar-Medokan Ayu Bakal Punya Jet Sky-Auditorium

Esti Widiyana - detikJatim
Kamis, 29 Sep 2022 03:05 WIB
Eri Cahyadi saat mengecek lokasi mangrove Gunung Anyar dan Medokan Ayu
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Surabaya -

Konsep wisata 'Kebun Raya Mangrove' di kawasan wisata alam dan konservasi Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah sedang ditata agar menarik bagi wisatawan asing. Sejumah penambahan wahana dilakukan. Salah satunya jet sky.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meyakini 2 kawasan itu akan menjadi wisata edukasi sekaligus penelitian. Menurutnya, Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah memiliki potensi luar biasa menjadi salah satu ikon baru di Kota Pahlawan.

Khusus untuk wilayah Mangrove Gunung Anyar, fokus pembaharuan akan dilakukan pada wahana perahu atau susur sungai yang dia harapkan lebih menonjolkan sisi paling eksotis. Tidak hanya perahu, Eri ingin ada Jet Sky di sana.

"Sepanjang susur sungai itu kami akan melihat 57 spesies tumbuhan Mangrove dan 28 jenis burung. Selain menggunakan perahu, juga akan ada jet ski," ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Tidak hanya menambah wahana, ia ingin mengintegrasikan Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah. Dengan demikian keduanya akan menjadi menunjukkan keindahan alam Surabaya.

"Satu rangkaian berikutnya, kami akan pindah ke Mangrove Medokan Sawah. Di sini akan kami hubungkan jembatan antara Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah," kata Eri.

Ia menjelaskan bahwa di kawasan wisata alam Mangrove Medokan Sawah juga terdapat berbagai wahana. Mulai dari wahana perahu atau susur sungai, sepeda air, ATV, spot foto, dan spot kuliner.

"Ini yang akan kami satukan dan ini menunjukkan bahwa Surabaya sebagai kota kedua terbesar di Indonesia memiliki keindahan alam yang tersimpan di 'Kebun Raya Mangrove'. Baik untuk edukasi, penelitian, dan menjadi wisata alam," ujarnya.

Tidak hanya itu, di Mangrove Gunung Anyar saat ini Pemkot juga sedang mengerjakan pembangunan auditorium dan ruangan pameran.

Kedua ruangan itu nantinya akan menjadi tempat pameran edukasi mengenai spesies tumbuhan Mangrove maupun berbagai jenis hewan yang ada di Mangrove Gunung Anyar dan Medokan Sawah.

"Sehingga di dalam Mangrove ini kami akan mengerti ada makhluk hidup (jenis) apa saja. Insya Allah konsepnya disini adalah 'Kebun Raya Mangrove' dan di tahun 2023 akan jadi lah. Karena akhir Desember 2022 akan kita lihat, tetapi akan ada penyempurnaan sampai dengan pertengahan 2023," ujarnya.



Simak Video "Kilas Balik Pertempuran 10 November di Tugu Pahlawan Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)