Sempat Sepi Usai Insiden Masuk Jurang, Sewa Jip Bromo Kini Mulai Bergeliat

Sempat Sepi Usai Insiden Masuk Jurang, Sewa Jip Bromo Kini Mulai Bergeliat

Muhajir Arifin - detikJatim
Senin, 26 Sep 2022 15:15 WIB
Jeep Bromo
Ilustrasi jeep yang mengangkut penumpang ke Gunung Bromo (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

Persewaan jip wisata Gunung Bromo di Tosari, Pasuruan sempat anjlok usai insiden jip masuk jurang yang menewaskan dua orang. Setelah dua pekan berlalu, kondisi berangsur normal. Kini, mulai banyak wisatawan yang menyewa jip.

Hal itu diungkapkan pengurus Paguyuban Jip Wonokitri, Tosari, Adi Cakra. Menurut Adi, saat ini pemesanan jip kembali ke angka 40 hingga 50 per hari.

"Sudah mulai normal dari dampak kejadian kecelakaan. Sehari sudah sekitar 50 jip berangkat," kata Adi, Senin (26/9/2022).

Pascakecelakaan jip, Sabtu (10/9) lalu, jumlah pemesanan harian merosot dari 50 ke 10 jip. Bahkan, 270 wisatawan yang sudah pesan dari jauh-jauh hari batal sewa jip karena khawatir.

Saat ini, meski tarif jip juga mengalami kenaikan dari Rp 600 ribu menjadi Rp 650 ribu, pemesanan jip mulai normal.

Sebagai informasi, sebuah jip yang membawa lima wisatawan asal Ngawi terjun ke jurang di kawasan Bukit Cinta, Tosari, Pasuruan, Sabtu (10/9). Jeep tersebut mengalami kecelakaan dalam perjalanan dari Cemoro Lawang, Sukapura, Probolinggo menuju Bukit Penanjakan, Tosari, Pasuruan.

Sopir jip, Sarioleh (30) Desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo dan seorang pejabat Pemkab Ngawi tewas dalam insiden tersebut. Sedangkan empat penumpang lain luka-luka.

Tak hanya itu, sopir jip ini disebut tak masuk paguyuban para pengemudi jip Gunung Bromo. Diketahui, ia baru tiga kali mengangkut wisatawan.



Simak Video "Longsor Tutup Jalur Bromo, Wisatawan 2 Jam Terjebak Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)