Keindahan Gunung Bromo Bisa Dinikmati di Uang Baru Rp 5 Ribu

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 18 Agu 2022 15:23 WIB
Uang rupiah baru
Uang baru 2022/Foto: Dok. Bank Indonesia
Surabaya -

Keindahan Gunung Bromo sudah menjadi rahasia umum. Kini semua orang bisa menikmati keindahan gunung tersebut di uang baru 2022, pecahan Rp 5 ribu.

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Jatim. Pesona panorama Bromo sudah sampai ke mancanegara. Sehingga banyak turis asing yang datang berkunjung.

Wisata Gunung Bromo berada di perbatasan empat kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

Sebagai destinasi wisata, ada banyak yang disuguhkan Bromo. Wisatawan bisa berburu sunrise di bukit penanjakan. Kemudian turun dan mengisi perut di kawasan pasir berbisik.

Gunung BromoPanorama Gunung Bromo/ Foto: Dok. Istimewa

Wisatawan juga bisa naik kuda menuju kawah Brmo. Namun untuk sampai ke bibir kawah, wisatawan harus menapaki ratusan anak tangga. Saat siang menjelang, wisatawan bisa menikmati indahnya bukit teletubbies.

Tak hanya menyuguhkan panorama alam, Bromo juga kerap menjadi wisata budaya. Sebab, warga sekitar Gunung Bromo, yakni warga Suku Tengger kerap menggelar acara budaya.

Salah satunya yakni Yadnya Kasada. Yadnya Kasada digelar setiap tahun, momen warga Tengger menyerahkan sesaji ke kawah Bromo. Sesaji yang dilempar ke kawah mulai dari hasil bumi hingga hewan ternak.

Kini pemerintah dan Bank Indonesia merilis 7 uang kertas Rupiah yang baru. Tujuh uang tersebut yakni pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000.

Pecahan Uang Tahun Emisi (TE) 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan bertepatan pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Di setiap pecahan uang kertas tersebut, ada gambar pahlawan, gambar pemandangan, gambar tari-tarian dan gambar bunga.

Pada uang kertas pecahan Rp 5.000 ada gambar pahlawan Dr KH Idham Chalid. Ukuran uang 131 mm x 63 mm.

Warna dominan uang tersebut yakni cokelat. Sementara gambar di sisi belakang uang Rp 5.000 yakni tari gambyong, Gunung Bromo dan bunga sedap malam.



Simak Video "Ringseknya Jip Masuk Jurang di Bromo yang Bikin Dua Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)