Pesona Pantai Kondang Merak, Airnya Jernih Pasirnya Putih

Muhammad Aminudin - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 20:51 WIB
Pantai Kondang Merak merupakan salah satu destinasi wisata di pesisir selatan Jatim. Tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.
Pesona Pantai Kondang Merak/Foto: Istimewa (dok. Sahabat Alam Indonesia)
Malang -

Pesisir selatan Kabupaten Malang punya banyak destinasi wisata bahari. Salah satu pantai yang populer yakni Pantai Kondang Merak.

Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur. Dari Kota Malang, jaraknya sekitar 65 kilometer atau sekitar 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan.

Pantai ini menjadi destinasi wisata favorit karena memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 800 meter. Itu membuat Pantai Kondang Merak tampak begitu luas. Meski banyak wisatawan yang berdatangan, Pantai Kondang Merak akan tetap tampak lengang.

Gugusan terumbu karang akan menyambut wisatawan. Karang-karang tersebut membentuk gundukan-gundukan kecil. Sehingga terlihat seperti pulau mini. Alam Pantai Kondang Merak juga terbilang masih alami.

Pantai Kondang Merak masuk dalam kawasan hutan lindung. Sehingga lingkungan sekitarnya masih tampak asri, banyak pepohonan. Meski cuaca terik, Pantai Kondang Merak tetap terasa sejuk.

Pantai ini masih tampak asri bak destinasi yang belum terjamah. Lingkungannya juga masih bersih.

Daya tarik utama dari Pantai Kondang Merak tentu saja air lautnya yang jernih. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut.

"Air lautnya jernih dengan ciri khas gradasi warna biru dan hijau toska yang cantik," kata seorang pengelola camping ground di Pantai Kondang Merak, Andik Syaifudin kepada detikJatim, Selasa (16/8/2022).

Pantai Kondang Merak berdampingan langsung dengan Samudera Hindia seperti banyak pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Meski demikian tak usah khawatir, ombak Pantai Kondang Merak terbilang cukup tenang. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas seru seperti berenang di tepi pantai.

Suasana pantai akan semakin eksotik di kala senja. Pantai Kondang Merak bisa menjadi spot terbaik untuk berburu matahari terbenam.

Jika ingin bermalam, ada sejumlah camping ground untuk mendirikan tenda. Sembari menikmati deburan ombak, bermalam di Pantai Kondang Merak akan terasa syahdu saat ditemani gemerlapan bintang.

Spot menarik di wisata Pantai Kondang Merak dan sekitarnya:

  • Pantai dengan pasir putih
  • Kampung nelayan (wisata kuliner)
  • Muara
  • Rowo Gebang
  • Tanjung Sirap
  • Dali Putih
  • Jembatan panjang


Simak Video "Soal Tabloid Anies Baswedan di Malang yang Bikin Heboh"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)