Info Pendakian 17 Agustus 2022 di Jatim: Arjuno Buka, Semeru Tutup

Dina Rahmawati - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 11:59 WIB
1.

Info Pendakian 17 Agustus 2022 di Jatim: Arjuno Buka, Semeru Tutup

Info Pendakian 17 Agustus 2022 di Jatim: Arjuno Buka, Semeru Tutup
Upacara Bendera di Gunung Penanggungan dua tahun lalu/(Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim)
Surabaya -

Ingin Rayakan Momen HUT RI ke-77 di Puncak Gunung? Cek Info Pendakian 17 Agustus 2022 Berikut Ini

Momen peringatan Hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus biasanya dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan menarik. Salah satunya, pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung. Hal ini seolah menjadi sebuah tradisi bagi para pendaki.

Rasa nasionalisme semakin terpacu saat membawa sang Saka Merah Putih menanjak ke puncak gunung. Apalagi saat sampai di atas gunung, rasa bangga hingga haru serasa menggelora di dada.

Bagi detikers yang ingin merayakan momen HUT RI ke-77 dengan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung, berikut informasi terkait pendakian di sejumlah gunung di Jatim pada 17 Agustus 2022, simak ya!

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan akan menjadi salah satu tempat perayaan momen 17 Agustus 2022. Untuk menuju puncak Gunung Penanggungan, para pendaki bisa melewati jalur Tamiajeng, Mojokerto.

Biasanya, perayaan HUT RI ke-77 di Gunung Penanggungan diawali dengan kirab bendera Merah Putih dari Ubaya Training Center (UTC) Trawas menuju pos Tamiajeng pada 16 Agustus sore. Dilanjutkan dengan acara apel di pos Tamiajeng bersama para pendaki, Muspika Trawas, Perhutani, BPBD dan Basarnas.

Upacara 17 Agustus 2022 nantinya dilaksanakan di 2 lokasi berbeda. Yakni di puncak bayangan sekitar 1.200 mdpl dan di puncak Gunung Penanggungan atau biasa disebut Puncak Pawitra sekitar 1.653 mdpl.

Selain upacara, para pendaki juga akan mengibarkan bendera Merah Putih sepanjang 400 meter di Puncak Pawitra. Para pendaki yang ingin bermalam di puncak diizinkan untuk mendirikan tenda.

Gunung Penanggungan disebut-sebut sebagai miniatur Semeru. Namun pada momen agustusan kali ini, pendakian Semeru masih ditutup karena berstatus siaga. Gunung Raung juga masih ditutup setelah erupsi beberapa waktu lalu.