Wisata Syifa, Sejuknya Hutan Mangrove Gresik Serasa di Bali

Wisata Syifa, Sejuknya Hutan Mangrove Gresik Serasa di Bali

Jemmy Purwodianto - detikJatim
Sabtu, 04 Jun 2022 11:06 WIB
Wisata Syifa di Gresik dengan suasana seperti di Bali
Wisata Syifa, hutan mangrove yang bernuansa seperti di Bali. (Foto: Jemmy Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Selain Pantai Delegan, di Gresik juga ada destinasi wisata yang cukup menarik. Namanya, Wisata Syifa. Destinasi ini menawarkan panorama hutan mangrove di pesisir Gresik. Uniknya, ada cukup banyak pohon berhias kain poleng hitam putih yang menjadikan suasananya seperti di Bali.

Wisata Syifa berlokasi di Jalan Raya Ngemboh, Ngimboh, Ujungpangkah. Pertama kali memasuki area hutan mangrove di pesisir Gresik ini, detikJatim sudah disambut jembatan kayu seperti yang ada di Ecowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya.

Bedanya jembatan kayu di Wisata Syifa ini dihiasi sejumlah spot seperti gazebo, sejumlah tempat duduk, juga hiasan lampion dan barang antik yang ditata sedemikian rupa.

Di kanan kiri jembatan menuju pantai, ada sejumlah pohon mangrove yang berhias kain poleng, kain bermotif kotak-kotak warna hitam dan putih seperti papan catur yang sangat banyak ditemukan di Bali.

Ya, pohon-pohon berkain poleng itu menjadikan suasana di Wisata Syifa semakin semarak. Menggabungkan antara Ecowista Mangrove Wonorejo Surabaya dengan suasana berwisata di Bali.

Destinasi ini cukup ramah bagi pengunjung anak-anak. Ada sejumlah permainan seperti ayunan, perosotan, dan lain-lain di sejumlah titik. Pengelola juga memberi opsi keliling destinasi naik kuda atau menikmati sungai hingga lepas pantai naik perahu.

Wisata Syifa di Gresik dengan suasana seperti di BaliWisata Syifa di Gresik dengan suasana seperti di Bali Foto: Jemmy Purwodianto/detikJatim

Tidak hanya itu, di sejumlah titik juga terdapat kandang monyet, kalkun, dan sejumlah hewan lain yang dimaksudkan untuk mengedukasi sekaligus menghibur pengunjung yang datang bersama keluarga dan anak-anaknya.

Salah seorang pengunjung Dimas mengatakan bahwa ia sering mengajak keluarganya liburan ke Wisata Syifa. Selain bisa menikmati sejuknya hutan mangrove ia juga bisa memberikan edukasi dengan mengenalkan hewan-hewan yang ada di lokasi wisata kepada anaknya.

"Saya sering sih, ke sini. Karena kalau di sini anak bisa bermain dan bisa juga memberikan edukasi kepada anak saya. Lha sisi lainnya para orang tua seperti saya bisa menikmati pemandangan dan sejuknya hutan mangrove," katanya kepada detikJatim.

Wisata Syifa buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00 WIB. Tidak ada biaya untuk masuk ke destinasi ini alias gratis. Hanya saja, petugas akan mengenakan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 10.000.

Untuk bisa naik perahu atau naik kuda keliling tempat wisata ini, pengelola menerapkan tarif tambahan mulai dari Rp 10.000. Dan pengunjung tidak perlu bingung mencari makanan, karena di sana juga tersedia berbagai menu makanan ringan hingga berat dengan harga yang ramah di kantong.



Simak Video "Mengenal Edukasi tentang Mangrove hingga Kuliner di Ekowisata Budeng"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/dte)