Bianglala di Alun-alun Lamongan Kembali Beroperasi, Cocok untuk Ngabuburit Lho

Eko Sudjarwo - detikJatim
Minggu, 10 Apr 2022 15:34 WIB
Bianglala di Lamongan
Bianglala di Alun-alun Lamongan (Foto: Eko Sudjarwo/detikJatim)
Lamongan -

Ingin ngabuburit dengan suasana berbeda? Bianglala di Alun-alun Lamongan kini kembali beroperasi. Masyarakat bisa menikmati keindahan kota Lamongan dari atas bianglala.

Bianglala ini telah dibuka kembali sejak 1 April 2022. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan dari atas melalui gondola yang ada di bianglala ini.

"Ya, bianglala sudah kami buka kembali sejak 1 April kemarin, seiring dengan Lamongan yang saat ini berada di PPKM level 1," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lamongan Anang Taufik kepada detikJatim, Minggu (10/4/2022).

Wahana bianglala yang ada di Alun-alun Lamongan ini terdiri dari 18 kabin, di mana tiap kabin bisa menampung 4 orang dewasa atau 5 hingga 6 anak-anak. Agar lebih seru, satu kabin biasanya diisi oleh rombongan keluarga atau teman. Bianglala ini mampu menampung kurang lebih sebanyak 72 orang sekaligus.

"Segala persiapan untuk membuka kembali bianglala sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, diantaranya perbaikan dinamo, pergantian aki baru dan kelistrikan. Selain itu, telah dilakukan pembersihan gondola untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan," ujarnya.

Jika ingin menikmati suasana Lamongan dari ketinggian pada malam hari dengan kilauan lampunya, DLH juga telah melakukan perbaikan lampu yang ada di sekitar bianglala. Ini untuk menambah penerangan pada malam hari.

Pemburu spot foto juga akan dimanjakan dengan suasana yang ada di sekitar lokasi, karena sudah ditata sedemikian rupa.

"Dulu sempat kita buka untuk kemudian kita tutup kembali seiring kebijakan pemerintah. Nah, sekarang karena Lamongan sudah masuk PPKM level 1 ada kelonggaran, maka bianglala kita buka kembali," ungkapnya.

Meski ada kelonggaran untuk membuka bianglala, Anang mengimbau pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes). Lalu, pengunjung wajib scan barcode aplikasi PeduliLindungi ketika akan masuk lokasi.

Untuk yang penasaran, jam operasional bianglala selama Ramadan ini akan buka pukul 16.00 WIB sampai 17.30 WIB. Lalu dilanjut malam hari mulai pukul 19.30 WIB sampai 21.30 WIB.

"Pembukaan wahana bianglala ini juga sesuai dengan apa yang menjadi keinginan Bupati Lamongan untuk menyemarakkan bulan Ramadan, supaya wahana ini juga bisa dirasakan oleh masyarakat," imbuhnya.

Nah, untuk yang penasaran bagaimana menikmati sensasi Lamongan dari ketinggian bianglala, bisa langsung meluncur ke lokasi yang berada di area Alun-alun Lamongan. Saat ini, bianglala masih digratiskan untuk bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

"Mudah-mudahan keberadaan bianglala ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat di saat bulan Ramadan kali ini," pungkas Anang.



Simak Video "Melbourne Star, Romantisme Senja Berhias Matahari Cantik yang Mulai Tenggelam, Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)