Surabaya Punya 4 Jembatan yang Membentang Gagah dan Menarik Dikunjungi

Hilda Meilisa Rinanda - detikJatim
Jumat, 28 Jan 2022 08:17 WIB
Pemkot Surabaya kembali melakukan ujicoba pembukaan Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari. Uji coba dilakukan mulai Sabtu (22/1) kemarin.
Jembatan Suroboyo dilengkapi air menari (Foto file: Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Surabaya tak hanya terkenal sebagai Kota Pahlawan. Kota yang memiliki ikon ikan Sura (hiu) dan baya (buaya) ini memiliki sejumlah jembatan yang ikonik.

Jembatan-jembatan ini memiliki ciri khas yang tidak ditemukan pada jembatan lain. Selain itu, jembatan ini juga kerap menjadi jujugan masyarakat Surabaya untuk berfoto hingga menghabiskan akhir pekan.

Selain dibangun megah, jembatan ini juga memiliki arsitektur yang indah. Di sekeliling jembatan ada lampu kerlap-kerlip hingga taman yang indah.

Pemerintah Kota Surabaya juga serius dalam pembangunan dan perawatan jembatan. Tak heran, masyarakat Surabaya betah untuk mengunjungi jembatan ini.

Berikut empat jembatan membentang gagah dan ikonik di Kota Surabaya:

1. Jembatan Suroboyo

Pemkot Surabaya kembali melakukan ujicoba pembukaan Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari. Uji coba dilakukan mulai Sabtu (22/1) kemarin.Pemkot Surabaya kembali melakukan ujicoba pembukaan Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari. Uji coba dilakukan mulai Sabtu (22/1) kemarin. Foto: Deny Prastyo Utomo

Jembatan Suroboyo berlokasi di Jalan Raya Pantai Lama, Kelurahan Kenjeran. Kecamatan Bulak, Surabaya. Jembatan yang diresmikan tahun 2016 ini terkenal sebagai ikon Kota Surabaya.

Jembatan ini membentang gagah memiliki panjang 800 meter dengan lebar 18 meter dan tinggi 12 meter yang ditahan dengan 150 tiang pancang.

Jembatan ini didesain langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Desain jembatan dibangun melingkar dengan pemandangan air mancur di tengahnya.

Biasanya, Jembatan Suroboyo ramai didatangi masyarakat saat akhir pekan. Apa lagi sebelum pandemi COVID-19, di jembatan kerap menampilkan atraksi air mancur menari.

Selain itu, jembatan ini juga menjadi spot terbaik melihat sunrise hingga sunset di Kota Surabaya. Jembatan Suroboyo juga menyuguhkan pemandangan cantik Pantai Kenjeran.

2. Jembatan Sawunggaling

Jembatan Sawunggaling diresmikan pada Sabtu (1/5). Kini, jembatan itu menarik perhatian warga karena warna-warni lampunya yang indah.Jembatan Sawunggaling diresmikan pada Sabtu (1/5). Kini, jembatan itu menarik perhatian warga karena warna-warni lampunya yang indah. Foto: Esti Widiyana/detikcom

Jembatan Sawunggaling baru diresmikan Sabtu (1/5/2021). Jembatan ini menarik perhatian warga karena warna-warni lampunya yang indah.

Jembatan Sawunggaling menghubungkan dan memudahkan akses masyarakat ke Terminal Antarmoda Joyoboyo Surabaya.

Selain itu jemnbatan ini menghubungkan frontage road sisi barat Jalan Raya Wonokromo, dengan Jalan Gunungsari Surabaya. Jembatan ini kerap dijadikan tempat berfoto masyarakat.

Jika sedang beruntung, di Jembatan Sawunggaling biasanya ditemui pertunjukan air mancur warna-warni. Lampu-lampu ini terlihat cantik dan menghiasi Kota Surabaya.

Salah satu tujuan pembangunan Jembatan Sawunggaling untuk mengatasi penyempitan di Jalan Raya Wonokromo.

3. Jembatan Ujung Galuh

Jembatan Ujung GaluhJembatan Ujung Galuh Foto: Istimewa

Nama Ujung Galuh lekat dengan sejarah awal berdirinya Kota Surabaya. Jembatan ini didesain langsung Mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Pemilihan nama Ujung Galuh berdasarkan sejarah zaman Majapahit. Jembatan di tengah kota ini berdiri megah dan cantik dengan kerlap-kerlip lampu di sekitarnya.

Tak hanya itu, di dekat jembatan juga dibangun taman mini yang bisa dijadikan spot foto yang manis.

Jembatan ini menghubungkan Jalan Ngagel dengan Jalan Darmokali. Selain untuk memperindah Kota Surabaya, pembangunan jembatan diharap mampu membantu mengurai kemacetan.

4. Jembatan Suramadu

Nelayan menambatkan perahunya di sisi timur Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Zabur Karuru.Nelayan menambatkan perahunya di sisi timur Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4/2020). ANTARA FOTO/Zabur Karuru. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Siapa yang tidak kenal Jembatan Suramadu? Jembatan sepanjang 5,4 kilometer ini menghubungkan Kota Surabaya dan Madura.

Jembatan terpanjang di Indonesia saat ini cukup ramai dilintasi masyarakat yang hendak ke Madura atau sebaliknya.

Sebelum ada jembatan, masyarakat Surabaya harus menyeberangi lautan dengan kapal fery selama 30 menit untuk sampai ke Madura. Namun kini aksesnya hanya ditempuh selama 15 menit saja.

Jembatan kebanggaan dan salah satu ikon Jawa Timur ini diresmikan Juni 2009. Banyak masyarakat yang sengaja berswafoto dengan background jembatan ini.



Simak Video "Polisi Selidiki Penyebab Putusnya Jembatan Gantung di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)