Keren, Wisata di Kota Pasuruan Segera Terintegrasi

Muhajir Arifin - detikJatim
Senin, 24 Jan 2022 09:38 WIB
alun-alun pasuruan
Alun-alun Pasuruan (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bicara konsep wisata terintegrasi yang ingin ia wujudkan di Kota Pasuruan. Ia ingin menyatukan potensi wisata religi, sejarah, hingga edukasi.

"Rencana besar pembangunan kawasan wisata terintegrasi ini masuk di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Konsepnya menyatukan beberapa potensi wisata seperti religi, bangunan-bangunan kuno, kawasan pelabuhan hingga kampung tematik," kata Gus Ipul kepada detikJatim, Senin (24/1/2022).

Gus Ipul menjelaskan wisata religi berada di kawasan alun-alun dan Masjid Jami' yang mana ada makam KH Abdul Hamid. Di kawasan alun-alun, kata Gus Ipul, akan dibangun payung besar seperti di Madinah.

Wisata sejarah, terang Gus Ipul, akan difokuskan di kawasan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI). Pemkot sudah menjalin MoU dengan pihak P3GI terkait rencana pembangunan wisata sejarah tersebut.

"Kemudian di kawasan Pelabuhan Tanjung Tembikar. Pelabuhan kita mulai tahun ini, ada Rp 3 M untuk trotoar sebelah timur, tahun depan sisi lainnya," jelas Gus Ipul.

Sementara untuk wisata edukasi, Pemkot Pasuruan akan memaksimalkan kampung-kampung tematik yang ada. Nantinya, kampung tematik akan digalakkan.

"Alur wisatawan nanti ke wisata religi, kemudian ke wisata sejarah atau ke pelabuhan dan ke kampung-kampung tematik. Nanti angkot kita yang membawa wisatawan berkeliling," terang Gus Ipul.

Gus Ipul menegaskan realisasi kawasan wisata terintegrasi tersebut membutuhkan waktu. Ia meminta dukungan semua jajaran, dewan dan masyarakat.

"Tahun ini baru dilakukan kajian. Rencana ini bisa start akhir tahun atau awal 2023," pungkas Gus Ipul.



Simak Video "Pertama Kali Kader Perempuan Jadi Pengurus Harian PBNU"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)