Patung Gajah Mada Tertinggi Ada di Mojokerto, Ini Wujudnya

Enggran Eko Budianto - detikJatim
Sabtu, 22 Jan 2022 08:59 WIB
Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, patung Gajah Mada di Mojokerto sebagai yang tertinggi. Proses pembuatan patung Mahapatih Majapahit itu memakan waktu 7 tahun.
Patung Gajah Mada di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom
Mojokerto -

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, patung Gajah Mada di Mojokerto sebagai yang tertinggi. Proses pembuatan patung Mahapatih Majapahit itu memakan waktu 7 tahun.

Patung Gajah Mada raksasa ini terletak di halaman Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit, Desa Randugenengan, Dlanggu, Mojokerto. Arca Agung Maha Patih Gajah Mada ini diresmikan Raja Ida Tjokorda Denpasar IX, Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan pada 8 Desember 2019.

Fondasi patung ini dibuat setinggi 6 meter. Di dalamnya terdapat relief Sumpah Palapa, kolam ikan dan aquarium. Sisi kanan fondasi dihiasi silsilah raja Majapahit. Sedangkan sisi kanannya Sumpah Palapa yang diikrarkan Mahapatih Gajah Mada.

Patung Gajah Mada di tempat ini tergolong besar. Karena tingginya mencapai 17 meter. Sedangkan tingginya dari permukaan tanah mencapai 23 meter. Hanya saja, patung ini tidak menggambarkan sosok Mahapatih Majapahit yang tegas dan berwibawa seperti yang dikenal masyarakat selama ini.

Di wisata desa ini, patung Gajah Mada dibuat dengan mata dan bibir lebar, serta mahkota di kepalanya. Tangan kanannya terlipat ke dada dengan mengagungkan jempol. Sedangkan tangan kirinya memegang gada.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, patung Gajah Mada di Mojokerto sebagai yang tertinggi. Proses pembuatan patung Mahapatih Majapahit itu memakan waktu 7 tahun.Patung Gajah Mada di Mojokerto/ Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Pemilik Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit, Mulyono mengatakan, pembangunan fondasi patung Gajah Mada berlangsung selama 3 tahun, yaitu 2012-2014. Fondasi ditanam hingga kedalaman 9 meter. Sedangkan fondasi pada permukaan tanah setinggi 6 meter.

"Pada fondasi ditanami pancadatu, harus ditanam sebelum dilanjutkan pembangunan, terdiri dari lima unsur logam, emas, perak, tembaga, kuningan dan besi. Itu dari tokoh raja-raja Bali dan budayawan," kata Mulyono kepada detikJatim di lokasi, Sabtu (22/1/2022).

Ia mengaku menggunakan biaya sendiri untuk membangun Arca Agung Maha Patih Gajah Mada. Namun, ia tidak pernah menghitung uang yang habis untuk membangun patung berbahan cor semen tersebut.

"Karena niat saya merupakan amanah yang wajib saya jalankan, apalagi yang memberi amanah trah Majapahit. Maaf kalau tentang biaya, menghitung berapa sak semen yang digunakan saja tidak boleh apalagi biaya," ujar Mulyono.

Menurut Mulyono, pembangunan patung Mahapatih Majapahit ini baru selesai tahun 2018. Uniknya, pembuatan patung raksasa ini tidak melibatkan pematung profesional. Yakni hanya satu tukang las, satu tukang bangunan biasa, serta 7 kuli bangunan.

Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat, patung Gajah Mada di Mojokerto sebagai yang tertinggi. Proses pembuatan patung Mahapatih Majapahit itu memakan waktu 7 tahun.Patung Gajah Mada di Mojokerto/ Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

"Total 9 pekerja karena harus ganjil dari awal sampai selesai," ungkapnya.

Meski begitu, Arca Agung Maha Patih Gajah Mada milik Mulyono mendapat penghargaan dari MURI pada 11 April 2021. Patung ini memecahkan rekor Pemrakarsa Pembuatan Patung Gajah Mada Tertinggi di Indonesia.

"Penyerahan rekor MURI saat itu disaksikan teman-teman budayawan, Ibu Bupati dan Raja Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan juga ikut hadir, yaitu Ketua Raja-raja Nusantara," jelasnya.

Mulyono berharap, patung Gajah Mada ini bisa mengilhami para generasi muda. Ia ingin kaum milenial mampu meniru kehebatan para leluhurnya. Salah satunya Mahapatih Majapahit.

"Sebagai pengingat anak-anak muda bahwa leluhur kita orangnya hebat-hebat yang wajib ditiru dan didoakan. Ternyata dulu yang belum secanggih saat ini, dia mengikrarkan untuk mempersatukan nusantara. Anak-anak ke depan harus termotivasi oleh Sumpah Palapa," pungkasnya.



Simak Video "UGM Cari Rektor"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)