Pengunjung Sebut KBS Tak Banyak Berubah, Cuma Lebih Bersih dan Adem Saja

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 13:16 WIB
Tak ada perubahan yang mencolok dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang disampaikan Humas KBS, Agus Supangkah.
Kebun Binatang Surabaya (KBS)/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Tak ada perubahan yang mencolok dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) dalam beberapa tahun terakhir. Namun pengunjung mengakui, KBS saat ini lebih bersih dan adem.

Seperti yang disampaikan salah seorang pengunjung dari Surabaya, Aditya (29). Ia mengaku tak merasakan banyak perubahan di KBS. Ia juga menyoroti soal koleksi satwa, yang tak banyak berubah sejak 6 tahun lalu.

"Kalau dulu KBS lebih ramai, hampir setiap Hari Minggu sudah menjadi sarana rekreasi untuk anak-anak, serta hewannya lebih banyak. Tapi sekarang kok kayaknya berkurang. Kondisi KBS juga tidak banyak perubahan. Mungkin lebih bersih dan adem," kata Aditya kepada detikJatim di KBS, Rabu (19/1/2022).

Akhir pekan lalu, ia sempat ingin masuk ke KBS. Namun tempat parkirnya penuh. Menurut Aditya, parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dirasa kejauhan, sementara parkir liar harganya ada yang lebih mahal.

"Susah, perlu ditambah lagi dan akses parkirnya lebih dipermudah. Tempat parkir segitu kalau weekend apa lagi libur nasional, kurang. Kalau TIJ ga semuanya mau parkir di sana karena perlu jalan lumayan. Parkir di depan KBS ada yang lebih mahal," jelasnya.

Tak ada perubahan yang mencolok dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang disampaikan Humas KBS, Agus Supangkah.Kebun Binatang Surabaya (KBS)/ Foto: Esti Widiyana/detikcom

Ia berharap, ke depan KBS bisa diperbaiki. Sehingga dapat lebih mempermudah dan membuat nyaman pengunjung.

"Harapannya semakin meningkatkan sarana dan prasarana yang ada, serta hewannya bertambah banyak. Sehingga KBS bisa tetap survive sebagai salah satu ikon tempat wisata Kota Surabaya," ujar Aditya yang jalan-jalan bersama anak dan istrinya.

Putri Ramadhani (24) pengunjung asal Mojokerto juga mengungkapkan hal yang sama. Dulu, waktu masih duduk di bangku SD, ia pernah ke KBS. Sehingga menurutnya, KBS saat ini belum menyuguhkan banyak perubahan.

"Perbedaan KBS dulu dengan sekarang menurut saya tidak jauh beda. Mungkin ada beberapa hewan tambahan di dalamnya. Bedanya mungkin ada beberapa spot foto ditambahkan di sana untuk menarik minat para pengunjung," kata Putri.

Tak ada perubahan yang mencolok dari Kebun Binatang Surabaya (KBS) dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang disampaikan Humas KBS, Agus Supangkah.Kebun Binatang Surabaya (KBS)/ Foto: Esti Widiyana/detikcom

Putri juga menyayangkan soal tempat parkir di KBS. Menurutnya perlu penambahan lahan parkir. Ia juga pernah urung ke KBS karena tempat parkir penuh.

"Nah iya tempat parkirnya, ini sepertinya butuh tambahan, apa lagi saat weekend. Karena rasanya kalau weekend parkirannya full, sehingga kadang bingung menempatkan sepeda motor. Atau bisa juga ditambah petugas yang bisa mengarahkan pengunjung posisi parkirnya supaya lebih tertata rapi," jelasnya.

Ia berharap KBS bisa lebih baik lagi ke depannya. Mulai dari sarpras hingga infrastruktur. Menurutnya, KBS juga sebagai tempat nostalgia pengunjung.

"Semoga KBS bisa menjadi tempat wisata edukasi untuk anak-anak maupun orang dewasa, guna nostalgia masa kecil. Untuk hewannya juga perlu ditambahkan, supaya lebih lengkap," pungkasnya.



Simak Video "Pengunjung Kebun Binatang Surabaya Membeludak!"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)