Rindu Javier Roca pada Gaya Malangan Arema yang Bikin Lawan Gemetar

Rindu Javier Roca pada Gaya Malangan Arema yang Bikin Lawan Gemetar

M Bagus Ibrahim - detikJatim
Rabu, 21 Sep 2022 22:55 WIB
Javier Roca menjadi pelatih baru Arema FC. Pelatih kelahiran Santiago (Chili) itu ditunjuk manajemen Arema untuk mengisi posisi juru taktik menggantikan Eduardo Almeida.
Javier Roca, Pelatih Arema FC/Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim
Malang -

Javier Roca merupakan pelatih baru Arema FC. Ia baru menjadi juru taktis skuad Singo Edan dalam dua laga Liga 1 2022/2023.

Pada Minggu (11/9/2022), Arema kalah 1-2 oleh Persib Bandung. Kemudian enam hari berselang, klub kebanggaan Aremania itu memboyong 3 poin dari kandang Persik Kediri. Klub yang dilatih Roca sebelum ia dipinang Arema.

Sebelum melakoni dua laga tersebut, Roca sempat mengungkapkan kerinduannya pada sepakbola malangan. Menurut pelatih berusia 45 tahun itu, sepakbola malangan kerap membuat lawan gemetar.

Apa yang Roca ungkapkan berdasarkan pengalamannya. Sebab, jauh sebelum menjadi seorang pelatih, Roca bolak-balik mencicipi rumput lapangan Tanah Air sebagai pemain.

"Kalau dulu di tim lain, mau lawan Arema di Malang, dua tiga hari saat berangkat itu kita akan bergetar," ujar Roca waktu itu.

Mengapa lawan gemetar? Menurut Roca, karena Arema kerap membantai lawan-lawannya dengan skor yang tak tanggung-tanggung.

Roca masih ingat, pada zamannya Arema memiliki sejumlah pemain yang dikenal ganas di lapangan. Para pemain yang bisa dengan mudah menguasai pertandingan dan menyarangkan bola ke gawang lawan.

"Jadi (lawan) takut dibantai, dimainkan, keras dan Arema itu semangatnya tinggi. Seperti itu lah. Itu yang saya rasakan dan itu yang saya mau juga," imbuh Roca.

Di Liga 1 musim lalu, Roca sudah melatih Persik Kediri. Ia mengaku tidak melihat gaya malangan yang bikin lawan Arema gemetar.

Maka dari itu, ia berharap sepakbola malangan kembali ditampilkan anak asuhnya. Gaya malangan yang juga ditunggu-tunggu Aremania.

"Waktu saya di tim lain, saya hadapi Arema kok gak ada rasa itu (bergetar ketakutan) lagi. Kita lawan Arema itu biasanya gak bisa lebih dari setengah lapangan loh (sekarang tidak seperti itu lagi)," tutup Roca.



Simak Video "Ketua Panpel Arema FC Minta Korban Kanjuruhan Segera Diautopsi"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)