RANS Bawa Pulang Pelajaran Berharga Meski Kalah 0-4 Oleh Arema

Muhammad Aminudin - detikJatim
Rabu, 08 Jun 2022 22:31 WIB
RANS Nusantara FC kalah 0-4 oleh Arema dalam laga uji coba. Meski begitu, RANS mengaku memetik pengalaman berharga dari laga tersebut.
Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan (kiri)/Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim
Malang -

RANS Nusantara FC kalah 0-4 oleh Arema FC dalam laga uji coba. Meski begitu, RANS mengaku memetik pengalaman berharga dari laga tersebut.

Laga uji coba tersebut digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Selasa (7/6/2022) pukul 20.00 WIB. Pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan mengatakan, kehadiran suporter Arema FC, Aremania di tribun menjadi pembeda dengan laga uji coba sebelumnya yang dilakoni RANS.

"Hal terpenting kalian bisa maksimal bermain dengan lawan yang dihadapi. Baik punya pengalaman dan atmosfer yang sudah lama nggak ketemu hal seperti ini," ujar pelatih yang akrab disapa RD.

RD mengakui, skuad asuhannya kalah kualitas dan pengalaman oleh Arema FC. Bahkan ada beberapa pemain RANS yang baru pertama kali mencicipi atmosfer Liga 1.

"Kenapa kita antusias menyambut laga melawan Arema, kita kemarin main lawan Borneo tidak ada penonton. Beberapa pemain oke, bisa berkembang dengan baik. Artinya adaptasi dibutuhkan. Segala sesuatu yang mendekati riil kompetisi ada penonton, ada tekanan," tambahnya.

RD menilai, tampil di Liga 1 bukan hanya membutuhkan teknik, taktik dan strategi. Tetapi juga membutuhkan jam terbang dan mental yang besar.

"Pemain butuh atmosfer pertandingan seperti ini," terangnya.

Penjaga gawang RANS, Wawan Hendrawan mengakui, hasil uji coba mengecewakan. Namun menurutnya, laga uji coba itu penting untuk mengasah mental pemain.

"Lebih penting kita bisa belajar. Kita tim baru, di sinilah fungsinya kita beruji coba dengan suporter yang banyak. Ini pelajaran yang bagus buat kita, untuk menata ke depan untuk menatap kompetisi," pungkasnya.

(sun/sun)