Yummy! Durian Kembang Gunung Semeru Ini Rasanya Manis Legit

Yummy! Durian Kembang Gunung Semeru Ini Rasanya Manis Legit

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Rabu, 26 Okt 2022 14:35 WIB
Durian kembang Lumajang
Durian kembang Lumajang rasanya manis legit/(Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Bagi penggemar durian, belum afdol kalau belum mencoba buah yang satu ini. Namanya durian kembang dari Lumajang. Dinamakan begitu karena di dalamnya terdapat kembang atau bunga kecil yang mirip dengan buah durian.

Durian kembang tidak sembarang tempat bisa ditemukan. Karena durian ini hanya tumbuh subur di kawasan Gunung Semeru di Desa Gucialit, Lumajang.

Keunikan lainnya dari durian kembang adalah rasa dan tekstur. Daging durian kembang lebih tebal dan lembut serta rasanya lebih manis dan legit.

"Yang membedakan durian kembang dengan lainnya terdapat kembang di dalam buah durian serta dagingnya tebal dan rasanya manis legit," ujar Rahmat, salah satu petani durian kembang kepada detikJatim Rabu (26/10/2022).

Salah satu penikmat Hariyadi mengungkapkan durian kembang juga punya kelebihan lain yakni masak di pohon. Karena itu, kualitas rasanya berbeda dengan durian pada umumnya.

Durian kembang LumajangPohon durian kembang tumbuh subur di lereng Gunung Semeru di Gucialit, LUmajang (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)

Tak heran dirinya dan penyuka durian kembang akan rela berduyun-duyun mencarinya saat panen tiba. Biasanya pembeli langsung datang ke kebunnya dan bisa membawa pulang atau makan di tempat.

"Rasanya manis, ada pahitnya sedikit serta dagingnya tebal pokoknya mantap," tutur Hariyadi.

Jadi jangan heran, durian khas lereng Gunung Semeru ini pernah menyabet juara satu dalam kontes buah durian lokal yang digelar Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang tahun 2018 lalu.

Meski mempunyai sederet keunikan dan prestasi, harga durian kembang masih relatif terjangkau bagi masyarakat umum. Karena pedagang biasanya menjual satu buah durian dengan berat 2 kg hanya Rp 100 ribu.

Bagaimana detikers, minat mencoba durian kembang?



Simak Video "Keunikan Durian Kembang di Lereng Semeru Dibanding Jenis Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)