Legitnya Durian Mentega Khas Lereng Semeru Bikin Kalap Siapapun!

Legitnya Durian Mentega Khas Lereng Semeru Bikin Kalap Siapapun!

Nur Hadi Wicaksono - detikJatim
Senin, 10 Okt 2022 07:33 WIB
durian di lereng semeru yang paling diburu warga adalah durian mentega
Durian mentega lereng Gunung Semeru (Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim)
Lumajang -

Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur selain terkenal dengan wisata pendakiannya juga terkenal akan kesuburan tanahnya. Sehingga beragam tanaman tumbuh subur di lereng Gunung Semeru. Di antaranya buah durian.

Namun yang paling diburu warga adalah durian mentega. Durian ini tumbuh subur di Desa Wonokerto Kecamatan Gucialit, Lumajang. Durian jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan lainnya. Yakni dagingnya lebih tebal dan lembut serta rasanya manis legit.

Ketika musim panen tiba Yudi Widianto (38) warga desa setempat yang dibantu beberapa orang pekerjanya memanen ratusan buah durian dalam sehari.

"Durian di sini tidak ada yang petik tapi semua masak pohon sehingga rasanya enak. Dalam sehari bisa panen 200-300 durian," ujar petani durian Yudi Widianto kepada detikJatim, Senin (10/10/2022).

Harga satu buah durian dibanderol dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 80.000 tergantung ukuran buah durian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. Sebab, buah durian yang dijual merupakan buah durian masak pohon.

Sehingga saat musim panen tiba, durian jenis ini banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan, sejumlah pembeli dari luar kota Lumajang berdatangan seperti dari Jember maupun Malang.

"Durian di sini masak pohon sehingga fresh dan rasanya nikmat legit dan dagingnya tebal," ujar salah satu pembeli durian, Hari.

Hal yang sama juga disampaikan Edi Kurniawan. Dia mengaku durian di lereng Semeru manis dan legit.

"Rasanya manis ada pahitnya dikit serta duriannya masak pohon. Harganya juga terjangkau sehingga saya datang langsung ke sini untuk menikmati durian dari lereng semeru," ujar Edi.



Simak Video "Durian Mentega di Lumajang Tawarkan Sensasi Manis Legit"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)