Kabar Kuliner

Berikut 7 Makanan Termahal di Dunia, 2 dari Indonesia

Tim detikFood - detikJatim
Kamis, 07 Jul 2022 02:31 WIB
Sarang burung walet
Sarang burung walet (Foto: iStock)
Surabaya -

Salah satu penyebab mahalnya bahan makanan adalah persediaannya yang terbatas. Faktanya memang ada beberapa bahan makanan yang langka, bahkan bisa mencapai ratusan hingga miliaran. Dua di antaranya ada di Indonesia.

Dilansir detikFood, ada beberapa bahan makanan mentah yang dijual dengan harga fantastis. Ketersediaannya yang langka menjadi salah satu alasan makanan ini dipatok dengan harga mahal.

Bahkan, hampir di setiap negara ada satu makanan termahal yang harganya menguras isi dompet. Mulai dari jamur yang langka hingga keju yang dihasilkan oleh sapi berkualitas tinggi.

Ternyata ada juga beberapa bahan makanan berharga fantastis yang berasal dari Indonesia. Dari ayam hitam cemani hingga air liur burung walet.

Berikut ini 7 makanan yang dinobatkan sebagai termahal di dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. White Alba Truffle

Jamur truffle memang telah dikenal sebagai jamur termahal yang pernah ada di dunia. Ada jenis jamur truffle hitam dan ada juga yang putih. Jenis jamur white alba yang disebut-sebut sebagai jamur truffle termahal.

Jamur langka yang tumbuh di dataran Italia ini biasanya dimanfaatkan sebagai topping pada pasta tagliatelle. Jamur White Alba Truffle termahal yang pernah dijual harganya mencapai Rp 4,9 miliar per kilogramnya.

2. Jamon Iberico de Bellota

Datang dari bagian barat Spanyol, ada sebuah olahan yang terbuat dari kaki babi Iberico yang dianggap istimewa. Babi Iberico yang diambil kakinya untuk hidangan ini hanya diberi makanan berupa jagung dan biji-bijian saja.

Teksturnya yang lembut buttery dengan rasa umami yang khas membuat daging kaki babi ini dianggap sebagai daging babi paling istimewa. Harganya bisa dipatok hingga Rp 53 juta per kilogramnya.

3. Ayam Cemani

Memiliki warna yang hitam legam membuat ayam cemani dianggap sebagai ayam yang istimewa. Di Indonesia sendiri, ayam cemani dianggap sarat akan ilmu sihir dan kepercayaan magis lainnya.

Tetapi banyak mempercayai juga bahwa konsumsi daging ayam cemani dapat menyembuhkan banyak penyakit hingga membawa keberuntungan. Di pasar Internasional daging ayam cemani bahkan dibanderol hingga Rp 37,4 juta per ekor.

4. Sarang Walet

Menurut kepercayaan tradisional China, sarang burung walet dikenal sebagai makanan yang berkhasiat untuk kesehatan. Sarang burung walet sendiri dibuat dari tumpukan air liur burung walet yang biasanya banyak menempel di sudut-sudut atap rumah kosong dan terbengkalai.

Di Indonesia, sarang burung walet ini banyak dibudidayakan di daerah Kalimantan. Sarang burung walet biasa diolah menjadi sup yang hangat. Harga semangkuk sup sarang burung walet termahal yang pernah dijual menyentuh angka Rp 29,9 juta.

5. Madu Manuka

Madu dikenal sebagai makanan manis yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Lebah penghasil madu Manuka ini hanya diberi makan bunga yang bernama latin Leptospermum Scoparium atau dikenal sebagai bunga Manuka.

Madu yang berasal dari Selandia Baru ini disebut-sebut memiliki kandungan antivirus dan antioksidan yang begitu tinggi. Tetapi jika ingin mencicipi madu yang satu ini kamu harus menyiapkan uang sejumlah Rp 7,4 juta untuk mendapatkan satu kilogram madu Manuka.

6. Gooseneck Barnacles

Punya bentuk yang cukup aneh, ada sebuah jenis hewan bercangkang bernama Gooseneck Barnacles yang hidup menempel di batu karang dan sulit untuk dipanen. Hewan bercangkang ini paling sering disajikan di Spanyol dan Portugal.

Untuk memanen Gooseneck Barnacles ini para nelayan harus mempertaruhkan keselamatannya. Maka tidak heran jika harganya begitu mahal dan dipatok mencapai Rp 7,4 juta per kilogramnya.

7. Caciocavallo Podolico

Di Italia ada sebuah keju yang dibuat dari sapi dan domba berkualitas terbaik. Sebelum diperah susunya, sapi dan domba ini akan dibiarkan hidup di alam lepas untuk membuatnya merasa bahagia.

Setelah cukup usianya, susu dari sapi atau domba ini akan diperah dan diambil untuk dibuat menjadi keju. Bentuk kejunya juga dibuat cukup unik menyerupai kantung yang digantung. Harga per kilogram keju caciocavallo ini dipatok mencapai Rp 2 juta per kilogramnya.

Bagaimana detikers? tertarik membeli 7 makanan ini?



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)