Kabar Kuliner

Iki Rek, 5 Tips Makan Junk Food Bagi Penderita Diabetes

Tim detikFood - detikJatim
Senin, 20 Jun 2022 15:00 WIB
Junkf ood
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Penderita diabetes harusnya menghindari junk food. Sebab, junk food bisa menyebabkan berbagai dampak buruk. Namun, penderitanya juga bisa mengonsumsi junk food dengan mengikuti beberapa tips ini.

Dilansir detikFood, Junk food bukan hanya makanan cepat saji. Ada juga beberapa makanan olahan dan makanan ringan yang bisa dikategorikan menjadi junk food. Seperti makanan kalengan, makanan manis, dan sebagainya.

Para penderita diabetes sebenarnya tetap bisa mengonsumsi junk food, asalkan pintar memilih menu dan mempelajari bahan-bahan makanan.

Berikut tips Makan Junk Food Bagi Penderita Diabetes

1. Jangan sungkan untuk membuat permintaan khusus

Cobalah untuk meminta penjual untuk meracik makanan tanpa bahan tertentu yang dirasa akan berbahaya bagi kesehatan. Lebih baik lagi jika meminta porsi yang lebih kecil.

2. Mintalah makanan tanpa saus

Penderita diabetes bisa meminta untuk tidak menggunakan saus penuh lemak seperti mayones atau saus krim lainnya. Jika tersedia gantilah saus bebas lemak, namun jika tidak ada sebaiknya tidak usah memakai saus sama sekali.

3. Pilih makanan dari sayuran

Dalam beberapa restoran cepat saji, mereka juga sering menawarkan menu makan sayuran yang lebih sehat. Pilih menu salad atau makanan berbasis sayuran yang jika memungkinkan bisa ditambah dengan protein sehat lainnya seperti ayam atau tahu.

4. Pesan burger tanpa keju

Burger bisa menjadi sehat jika tidak menggunakan bahan-bahan lemak berlebih. Jika ingin memesan burger mintalah burger tanpa keju dan saus. Sebagai gantinya bisa menggunakan topping ekstra salad.

5. Pilih makanan tak digoreng

Seperti yang kita ketahui, makanan yang digoreng bisa sangat berbahaya bagi tubuh terutama bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes. Karenanya, jika datang ke restoran cepat saji, hindari makan ayam atau ikan yang digoreng, pilihlah yang dipanggang.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)