Tak Doyan Kambing? Ini Resep Nasi Kebuli Sapi Ala Chef di Surabaya

Esti Widiyana - detikJatim
Rabu, 06 Apr 2022 13:01 WIB
nasi kebuli daging
Nasi Kebuli daging Sapi (Foto: Esti Widiyana/detikJatim)
Surabaya -

Momen Ramadan dimanfaatkan sebagian orang mengeksplorasi kuliner untuk berbuka. Seperti kuliner khas Timur Tengah yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Salah satu kuliner Timur Tengah yang dikenal karena aroma rempahnya yang semerbak adalah nasi kebuli. Bagi Anda yang tidak gemar memakan daging kambing, jangan khawatir. Menu nasi kebuli kali ini menggunakan daging sapi.

Chef Andryas dari Hotel Wyndham Surabaya memberi resep sekaligus tips untuk membuat nasi kebuli daging sapi. Simak penjelasannya berikut ini.

"Kami memang membuatnya dengan daging sapi, karena sebagian orang tidak suka daging kambing, jadi kami buat alternatifnya," ucap Chef Andryas saat dihubungi detikJatim, Selasa (5/4/2022).

Dia menuturkan, bahan utamanya adalah daging sapi, beras basmati, dan bumbu rempah yang telah dihaluskan. Beras basmati dipilih agar ciri khas Timur Tengah lebih didapatkan.

"Untuk dagingnya, kami potong dengan bentuk cube (dadu), lalu direbus 3/4 matang dulu, baru diungkep dengan api kecil sekitar 1,5 jam. Proses ini yang membuat dagingnya empuk dan enggak bau amis," kata Chef Andryas.

Sedangkan bumbu halus terdiri dari beragam rempah dapur. Seperti kapulaga, jinten, kayu manis, cengkeh, jahe, ketumbar, sereh, dan pala. Kemudian ditambahkan pake santan.

"Takarannya ya secukupnya, sesuai selera, ada yang mau rempahnya kuat dan ada yang tidak," ucap dia.

Cara membuatnya pun harus diikuti dengan baik. Agar aroma nasi kabuli benar-benar terasa di luar maupun dalam. Begini penjelasannya.

"Daging direbus dulu, terus bumbunya ditumis. Kalau sudah wangi, dagingnya ikut dimasak, lalu masukkan santan sampai daging empuk. Kemudian dagingnya diangkat dan masukkan beras yang sudah ditiriskan, dimasak dengan api kecil sampai bumbu meresap. Lalu dikukus sampai matang," imbuh dia.

Bahan utama:
1. Beras basmati 1 kg, masak hingga air menyusut (diaron)
2. Daging sapi 1kg, potong dadu

Bahan bumbu halus (takaran secukupnya):
1. Kapulaga
2. Jinten
3. Kayu manis
4. Cengkeh
5. Jahe
6. Ketumbar
7. Sereh
8. Pala
9. Kunyit
10. Lada
11. Garam
12. Santan.

Cara membuat:
1. Rebusan daging sapi hingga 3/4 matang
2. Haluskan bumbu-bumbu dan tumis hingga harum
3. Ungkep rebusan daging sapi bersama bumbu dan santan dengan api kecil sekitar 1,5jam. Tambahkan garam secukupnya. Jika dirasa sudah empuk dan meresap, matikan api.
4. Siapkan kukusan, masukkan beras yang sudah diaron bersama air kaldu dan daging sapi, dan kukus sampai matang.
5. Nasi Kebuli pun siap disajikan.



Simak Video "Resep Nasi Kebuli Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)