Absen 2 Tahun, Bubur Muhdhor Bisa Dinikmati Warga Tuban Saat Ramadan

Ainur Rofiq - detikJatim
Senin, 04 Apr 2022 16:11 WIB
bubur muhdor
Bubur Muhdhor khas ramadan di Tuban (Foto: Ainur Rofiq/detikJatim)
Tuban -

Bubur Muhdhor kembali semarakkan ngabuburit di Tuban tahun ini. Kudapan bercita rasa Timur Tengah ini sempat absen 2 tahun karena pandemi. Kini, bubur ini siap dibagikan lagi kepada warga untuk berbuka puasa.

"Dua tahun lalu absen karena pandemi. Kami ikuti aturan karena tidak boleh ada kerumunan waktu itu," jelas salah satu Takmir Masjid Muhdhor, Habib Agil Abunumay kepada detikJatim, Senin (4/4/2022).

Sajian bubur ini terbuat dari beras, bumbu rempah gulai, santan, dan kambing. Uniknya, Bubur Muhdhor dimasak bersama para warga keturunan Arab di Masjid Muhdor, Jalan Pemuda Kelurahan Kutorejo, Tuban.

bubur muhdorProses pembuatan Bubur Muhdor Foto: Ainur Rofiq

Mereka memasaknya di sebuah panci besar berdiameter 1 m dan tinggi 1 m. Serta mengaduknya secara bergantian. Proses tersebut memakan waktu selama 2 jam.

"Tiap hari kisaran 30 kg beras dan bumbu masaknya juga segitu," papar Habib Agil.

Rencananya, para takmir mulai membagikan bubur itu pukul 16.30 WIB. Sebagian warga terlihat sudah mengantre untuk mendapatkan bubur itu.

"Rasanya ada kurang kalau Bubur Muhdhor ini tidak ada saat ramadan. Alhamdulillah kangen terobati karena mulai puasa kemarin, bubur ini bisa didapatkan kaum muslim di masjid ini " ujar salah satu warga, Nonok.

Menurut berbagai sumber, Bubur Muhdor dibuat pertama kali pada tahun 1937 di masjid tersebut. Bubur ini hanya tersedia saat bulan ramadan. Para takmir menjelaskan bahwa pembuatan Bubur Muhdhor ini merupakan tradisi turun-temurun yang terus dilestarikan karena dianggap baik.



Simak Video "KuTips: Resep Es Susu Kurma Tanpa Blender untuk Takjil! "
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)