6 Oleh-oleh Khas Bondowoso Kekinian yang Wajib Diicip hingga Dibawa Pulang

Chuk Shatu Widarsha - detikJatim
Jumat, 18 Mar 2022 16:58 WIB
oleh-oleh buah tangan dan jajanan khas bondowoso
Kopi Bondowoso (Foto: Chuk Shatu Widarsha/detikJatim)
Bondowoso -

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bondowoso, jangan lupa mencicipi jajanan khasnya. Pun oleh-oleh sebagai buah tangan buat keluarga dan sanak saudara di rumah.

Selain makanan, Bondowoso juga memiliki jajanan khas yang sayang jika dilupakan. Yakni oleh-oleh khas yang beragam dan unik.

Untuk jajanan mayoritas berasal dari olahan tape singkong. Karena kota ini memang terkenal sebagai penghasil tape singkong.

Berikut daftar jajanan dan oleh-oleh khas kabupaten berjuluk Kota Tape ini :

1. Tape manis

Tape merupakan makanan yang berbahan dasar singkong yang difermentasi. Penganan ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat di berbagai daerah.

Tape Bondowoso memang berbeda dari tape yang berada di daerah lain. Karena memiliki rasa manis legit yang khas, dan teksturnya cenderung sangat lembut dan kesat di lidah.

Konon, sang penabur ragi dari tape ini tidak boleh sembarang orang. Diantara syarat yang harus dipenuhi, yakni tak boleh sedang terlilit utang atau dalam keadaan berduka. Karena hal tersebut dipercaya bisa membuat rasa tape menjadi pahit dan asam. Boleh percaya atau tidak.

2. Tape Krispi

Jajanan ini berbahan tape singkong. Lantas diolah sedemikian rupa hingga menjadi camilan yang lebih enak. Rasanya legit, kriuk renyah, sedikit asam.

Proses pembuatan tape krispi, yakni tape yang sudah matang dikeringkan dengan suhu tertentu menggunakan vacuum frying selama beberapa jam. Lalu diberi variasi rasa sesuai selera. Tanpa bahan pengawet. Terakhir dikemas, dan siap santap.

Untuk variasi rasa dan topping ada rasa original, keju, cokelat, pedas, dan beberapa rasa lainnya. Khusus untuk rasa keju, keju yang dipakai adalah impor.

3. Prol Tape

Masih dengan olahan tape. Bondowoso juga memiliki kuliner dengan nama Prol Tape sebagai oleh-oleh khasnya. Prol tape ini mirip dengan bolu pada umumnya. Yakni berbahan tepung terigu, telur, mentega, gula, serta bahan lainnya.

Hanya, untuk prol tape ini diberi tambahan tape yang telah dilumatkan. Semua bahan tersebut lantas dicampur. Maka, menghasilkan citarasa legit, ditambah dengan rasa tape yang begitu kuat.

Sebagai toping, ditaburilah bermacam tambahan pelengkap. Misal keju, mesis, butiran coklat, maupun bahan pemanis dan pewarna lainnya. Sehingga elok dipandang, dan nikmat di lidah.

oleh-oleh buah tangan dan jajanan khas bondowosoOleh-oleh buah tangan khas Bondowoso/ Foto: Chuk Shatu Widarsha

4. Kopi Bondowoso

Kopi menjadi ikon terbaru bagi daerah Bondowoso. Itu karena Bondowoso merupakan salah satu penghasil kopi yang memiliki Indikasi Geografis (IG) di Indonesia, yakni kopi arabika Java Ijen-Raung. Bersama Toraja, Lampung, Sidikalang, Gayo, Preanger, Kitamami, serta Bajawa.

Bahkan Bondowoso pernah menahbiskan sebagai Bondowoso Republik Kopi (BRK). Hal itu karena selain sebagai penghasil kopi, citarasa kopi yang dihasilkan Bondowoso memiliki rasa khas. Yaitu perpaduan antara spicy, accid, dan aroma rempah.

Pun komoditas kopi Bondowoso mampu menunjukkan kiprahnya dalam mengangkat pamor di dunia internasional. Yakni sebagai salah satu daerah pengekspor kopi, Perkebunan Nusantara XII.

5. Pia Tape

Olahan tape yang begitu terkenal di Bondowoso juga bisa Anda nikmati dengan cara atau bentuk lainnya. Yakni kue pia tape. Produk ini merupakan olahan tape yang dibentuk layaknya pia. Tapi rasanya tetap bernuansa tape.

Hanya, memiliki tekstur yang gurih serta renyah di kulit luarnya. Pun tak menghilangkan citarasa dasar, yaitu tape yang manis, legit, sedikit aroma asam.

Bahkan, selain rasa original kini terdapat pia tape dalam berbagai varian. Diantaranya rasa coklat, keju, dan lain sebagainya. Kuliner ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan. Karena dikemas dengan begitu praktis sehingga mudah dibawa.

6. Kerajinan Bambu

Tak melulu tape. Bondowoso tampaknya memiliki iklim yang begitu cocok sebagai lahan pertanian. Salah satu yang tumbuh subur dan dapat merimbun yakni tanaman bambu, khususnya di wilayah Kecamatan Wringin, Pakem, dan Binakal.

Bambu-bambu ini akhirnya dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat berbagai kerajinan tangan. Diantaranya hiasan rumah, tas, gelang, maupun payung, dan sejenisnya. Semuanya berbahan bambu.

Produk kerajinan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin membawa pulang oleh-oleh berupa makanan. Barang-barang ini pun dijamin awet dan tahan lama. Dan, pasti menorehkan kenangan yang membuat Anda selalu ingat akan Bondowoso.

Beragam oleh-oleh khas sebagai buah tangan tersebut saat ini sudah banyak ditemukan di berbagai sudut kota Bondowoso. Terutama toko-toko yang memang mengkhususkan menjual barang souvernir maupun makanan atau penganan khas Bondowoso.



Simak Video "Bikin Laper: Manjakan Lidah dengan Aneka Masakan Betawi di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)