Menggoda! Icip-icip Kuliner Serba 'Janda' di Sidoarjo

Suparno - detikJatim
Jumat, 11 Mar 2022 08:37 WIB
iga penyet sop janda
Sop Janda (Foto: Suparno/detikJatim)
Sidoarjo -

Bagi Anda yang jalan-jalan ke kawasan Sidoarjo, jangan lupa berburu kuliner unik. Salah satunya di Jalan Kartini, yang tidak jauh dari alun-alun. Di sana, terdapat sebuah outlet yang menyajikan menu serba 'janda'.

Seperti menu Janda Bulat, Janda Kampung, Janda Penyet, Janda Ayam, Janda Iga, dan Janda Sapi. Kata Janda dalam sajian menu tersebut bukanlah arti yang sebenarnya. Melainkan sebuah singkatan.

"Oulet ini bernama nama Sop Janda, karena diambil dari kolaborasi resep khas Jawa dan Sunda, jadi disingkat Janda," ucap Leader Outlet Sop Janda Sidoarjo, Rico Krismantono, Jumat (11/3/2022).

Rumah makan itu menawarkan berbagai macam berbahan iga sapi. Mulai dari iga bakar, iga penyet, dan bakso iga. Menu favoritnya adalah Sop Janda Iga, yaitu menu sup yang disajikan dengan Iga penyet.

"Banyak pelanggan yang bilang kalau daging Sop Janda Iga sangat empuk dan bumbunya meresap, jadi paling banyak dicari pembeli," imbuh Rico.

Menggoda! Icip-icip Kuliner Serba 'Janda' di SidoarjoKuliner Serba 'Janda' di Sidoarjo/ Foto: Suparno

Dia mengatakan, rumah makan itu mulai dibuka di Sidoarjo 7 Januari 2022. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 16 ribu hingga Rp 35 ribu.

"Sehari, kita bisa menghabiskan daging iga sekitar 20 hingga 30 kilogram. Pengunjung paling ramai di akhir pekan," tandas Rico.

Pernyataan Rico terbukti saat melihat suasana rumah makan yang sedang ramai pengunjung. Fhenty, salah satu pengunjung asal Malang mengatakan bahwa dirinya datang jauh-jauh dari Kota Malang untuk mencicipi menu Sop Janda.

"Saya datang bertiga dari Malang untuk mencoba sop janda karena penasaran, di Malang enggak ada," terang Fhenty.

Hal senada juga disampaikan pelanggan lainnya, Tri. Dia mengaku baru pertama kali mencoba menu Sop Janda Iga, namun dirinya mengaku sangat ketagihan.

"Baru pertama kali ini saya makan Sop Janda Iga, penasaran karena namanya unik. Ternyata iga bakarnya memang lembut dan harganya sangat terjangkau," tandas Tri.



Simak Video "Sajian Iga Bakar Jumbo di Lumajang yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/fat)