Sensasi Kopi Bor dengan Panorama Indah Padang Savana Bromo

M Rofiq - detikJatim
Selasa, 25 Jan 2022 17:11 WIB
Sensasi Menikmati Kopi Bor Ditemani Pemandangan Gunung Bromo
Kopi bor bisa dinikmati di Padang Savana Bromo (Foto: M Rofiq/detikcom)
Probolinggo -

Menikmati hamparan padang savana dan bukit Teletubbies di Desa Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo selalu membuat daya tarik wisatawan. Terletak di sisi selatan Gunung Bromo, lokasi tersebut menyuguhkan pemandangan yang apik.

Di sekitar lokasi Padang Savana, Anda juga akan mudah menemui sejumlah pedagang minuman kopi keliling dengan memakai sepeda motor. Uniknya, mereka mengaduk kopi bukan dengan cara manual dengan tangan.

Tapi mereka menggunakan alat bor untuk mengaduk kopi. Ya, alat yang lazim digunakan untuk melubangi kayu atau besi ini dimodifikasi sedemikian untuk mengaduk kopi.

Kopi yang dijajakan pedagang ini adalah kopi khas Tengger. Kopi ini merupakan kopi pilihan dari biji-biji yang ditanam di lereng Gunung Bromo.

Mereka sengaja memodifikasi mata bor dengan sendok. Bisa dibayangkan hanya cukup menekan tombol on di lalu bor langsung mengaduk secara merata antar gula dan kopi.

Harga kopi bor ini terbilang murah. Cukup merogoh kocek Rp 5 ribu saja, wisatawan sudah bisa menikmati secangkir kopi Tengger sambil menikmati indahnya panorama alam Padang Savana.

Sensasi Menikmati Kopi Bor Ditemani Pemandangan Gunung BromoPenjual Kopi Bor di Gunung Bromo/ Foto: M Rofiq

Salah satu pedagang kopi keliling, Suwignyo mengatakan, rata-rata pedagang kopi keliling ini merupakan kuli bangunan. Karena mulai sepi garapan, mereka kemudian beralih menjadi pedagang kopi. Dari situlah kemudian mereka mendapat inspirasi mengaduk kopi dengan alat bor.

"Terinspirasi saat kerja di bidang bangunan, ternyata hasil keren dan mengaduk pakai mesin cepat bercampur antara kopi dan gulanya," tutur Suwignyo, Selasa (25/1/2022).

Edi Gusbari, salah satu wisatawan mengatakan meminum secangkir kopi bor sambil menikmati pemandangan Bromo dan hamparan savana merupakan sensasi tersendiri.

"Sensasinya minum kopi bor di hamparan Padang Savana, selain nikmatnya kopi khas warga Tengger Bromo, juga bisa melihat keindahan panorama alam dan hamparan Padang savana, habis minum kopi rasa lelah bertualang di Wisata Gunung Bromo, langsung hilang" ujar Edi.

Senada, Andrianto salah satu wisatawan lainnya menuturkan rasa kopi bor berbeda dengan kopi lainnya. Sebab bijinya-bijinya ditanam langsung dari lereng Bromo. Ia juga menyebut kopi ini unik karena menggunakan bor.

"Kopinya nikmat sekali, lucu serta unik cara penyajian secangkir kopi khas Tengger Bromo yang dijual pedagang kopi di Padang Savana, biasanya pakai sendok cara mengaduknya, ini malah pakai alat mesin bor yang sudah di modifikasi, rugi kalau datang berlibur tidak beli kopi khas Tengger ini," kata Andrianto.



Simak Video "Seduhan Kopi Bor di Padang Savana Bromo Hadirkan Sensasi Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)