Menikmati Pagi dengan Teh Kulit Kopi Dijamin Menyehatkan-Menghaluskan Kulit

Ardian Fanani - detikJatim
Jumat, 21 Jan 2022 07:00 WIB
Menikmati Pagi dengan Teh Kulit Kopi Dijamin Menyehatkan-Menghaluskan Kulit
Teh kulit kopi (Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi -

Konsumsi teh di pagi hari tentu menyegarkan. Apalagi ditemani cookies atau gorengan. Kali ini teh kulit kopi disebut menyehatkan dan menghaluskan kulit. Ya, kopi tak hanya bisa dinikmati bijinya saja.

Ada bagian lain dari kopi yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan sebagai minuman yang nikmat. Bagian itu adalah kulit kopi. Bagian yang membungkus biji kopi saat masih berada di pohon ini bisa diseduh menjadi minuman teh kopi.

Diketahui nikmatnya kopi sudah dirasakan seantero dunia. Minuman dari biji kopi yang sudah beberapa melalui proses ini sudah menjadi minuman yang wajib ada setiap hari. Selain rasanya yang memberikan relaxasi kopi juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi penikmatnya. Namun rupanya, kulit kopi bisa menjadi alternatif menikmati minuman yang juga banyak khasiat.

"Bahasa kopinya disebut Cascara, kalau kita menyebutnya kulit kopi saja," terang Imam Mukhlis, (30) , Owner dari Omah Kopi Telemung yang berada di Dusun Krajan, Desa Telemung, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, Jumat (21/1/2022).

Awalnya dia mengenalkan teh kulit kopi kepada pelanggannya. Ternyata banyak pelangganya yang suka. Dan sejak saat itu, perlahan-lahan mulai banyak permintaan. Apalagi, teh kopi ini memiliki beberapa khasiat sebagai antioksidan, melancarkan pencernaan dan cocok untuk program diet.

"Alhamdulillah saat ini saya sudah punya reseller di beberapa kota salah satunya di Sidoarjo," tambahnya.

Teh kulit kopi ini juga masih mengandung cafein dengan kadar antara 0,2 sampai 1 persen. Tinggi rendahnya kadar cafein ini tergantung pada jenis kopinya. Jenis kopi rabusta memiliki kandungan cafein lebih tinggi dibanding arabika.

Imam mengaku, sejak tahun 2019 lalu, dirinya sudah mulai mengolah kulit kopi untuk dijadikan teh kulit kopi. Dia mendapatkan inspirasi untuk memanfaatkan kulit kopi menjadi bahan minuman setelah berselancar di dunia maya.

"Dulu kulit kopi dibuang di kebun atau dijadikan pupuk pohon kopinya," jelasnya.

Imam menjelaskan, hanya kulit kopi yang berwarna merah saja yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi teh kulit kopi. Kalau yang warnanya belum merah sempurna menurutnya kurang baik dan dari sisi rasa juga kurang nikmat.

Menikmati Pagi dengan Teh Kulit Kopi Dijamin Menyehatkan-Menghaluskan KulitTeh Kulit Kopi yang nikmat/ Foto: Ardian Fanani

"Kulit kopi warna hijau atau kuning masih ada seperti getah jika dirasakan. Tapi kalau merah tidak berasa getah," tambahnya.

Dia menambahkan, untuk mendapat biji kopi yang baik dan berkualitas memang harus dipanen pada saat kulit kopinya sudah merah. Jika belum merah sempurna maka kualitas kopi yang dihasilkan juga berkurang.

"Kalau masih agak kemerahan itu belum bisa dipanen, harus yang sudah berwana merah segar," ungkapnya.

Untuk memproses kulit kopi ini, menurut pria asal Sumenep, Madura ini, tidak butuh proses yang panjang seperti pengolahan biji kopi. Kulit kopi hanya hanya perlu dijemur sampai benar-benar kering. Biasanya menurut Imam, sampai kandungan airnya tinggal 12 persen.

"Untuk memprosesnya menjadi teh kopi cukup diseduh dengan air panas saja," bebernya.

Semua jenis kopi, lanjutnya, kulitnya bisa dimanfaatkan. Baik itu kopi arabika, maupun robusta. Rasa teh kulit kopi ini memiliki sedikit rasa asam dengan paduan aroma segar. Karena berbahan kulit kopi tentunya masih menyisakan aroma kopi.



Simak Video "Berawal dari Hobi Gowes, Sekalian Usaha Kopi Pakai Sepeda"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)