Tahu Kupang, Kreasi Kuliner Nikmat Kota Pasuruan yang Wajib Dicoba

Muhajir Arifin - detikJatim
Jumat, 14 Jan 2022 13:09 WIB
tahu kupang
Tahu kupang (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan -

Selama ini kupang biasa dinikmati dengan lontong dan sate kerang. Sekarang makanan laut kaya protein ini bisa dinikmati dengan olahan berbeda yakni tahu kupang.

Tahu kupang merupakan salah satu kreasi kuliner UMKM di Kota Pasuruan. Jajanan ini mulai dikenal dan digemari terutama bagi para pecinta kupang.

Tahu kupang merupakan penganan sejenis tahu isi. Namun yang berbeda adalah isinya kupang. Tahu kupang paling enak dinikmati saat hangat. Apalagi ditambah cocolan petis dan cabai rawit.

Fittriyah (27), pemilik Tahu Kupang Mbak Titi, mengatakan ia memulai kreasi tahu kupang sejak 2017. Tak ujug-ujug jadi, ia sempat gonta-ganti resep hingga akhirnya berhasil menemukan resep yang tepat.

"Awal kepikiran buat tahu kupang karena saya nggak suka makan kupang lontong karena bau kupangnya menyengat. Akhirnya saya coba menu tahu kupang. Ini dijamin bau kupangnya hilang," kata Fittriyah di rumahnya di Jalan Kolonel Sugiono 18 Kelurahan Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kamis (14/1/2022).

Perempuan berkacamata ini mengatakan ia memilih kreasi tahu kupang karena selama ini Kota Pasuruan dikenal penghasil kupang. "Jadi kenapa tidak kupang dibikin olahan lain seperti tahu kupang," jelasnya.

tahu kupangFittriyah dan tahu kupang serta martabak kupang kreasinya (Foto: Muhajir Arifin)

Awalnya ia menjual tahu kupang lewat jejaring media sosial. Lambat laun, ia memasarkan produknya kantor-kantor instansi hingga swasta.

"Alhamdulillah banyak yang suka. Seminggu dua kali saya open order dan selalu habis," kata perempuan berkaca mata ini.

Harga tahu kupang yang ditawarkan Fittriyah sangat terjangkau. Satu kotak berisi 6 tahu kupang original lengkap dengan petis kupang dan cabai hanya Rp 10.000, sedangkan satu kotak tahu kupang pedas Rp 12.000. Ia mengaku mengantongi omzet Rp 4.500.000 per bulan.

"Selain tahu kupang, juga ada martabak kupang," jelasnya.

Kreasi kuliner olahan kupang Fittriyah mendapatkan apresiasi dari pemerintah kota. Wakil Ketua 1 Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan, Suryani Firdaus, merupakan pelanggan tahu kupangnya.

"Iya beliau beberapa kali beli," pungkas Fittriyah.



Simak Video "Jokowi Resmikan Taman Wisata dan Kuliner di Kupang"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)