Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Pengurus PKK

Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Public Speaking untuk Pengurus PKK

Sukma Nur Fitriana - detikJatim
Minggu, 30 Okt 2022 11:28 WIB
Tingkatkan Kapasitas PKK, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Public Speaking
Foto: Dok. Pemkab Kediri
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito memberikan pembekalan public speaking kepada pengurus PKK, baik di tingkat kabupaten maupun kecamatan. Pembekalan ini dinilai penting agar pengurus PKK bisa lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik di depan kader maupun masyarakat.

"Program yang sudah baik ketika tidak tersampaikan dengan baik tidak bisa berjalan secara optimal, untuk itu kita merasa penting membekali pengurus PKK dengan pelatihan public speaking," kata Eriani Annisa dalam keterangannya, Minggu (30/10/2022).

"Karena dalam komunikasi itu yang kita harapkan audience dapat mengerti, paham sehingga pesan yang disampaikan sampai," imbuhnya.

Eriani Annisa yang kerap disapa Mba Cicha itu mengatakan pelatihan public speaking itu menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas pengurus PKK yang diadakan di Yogyakarta. Sebelumnya, para pengurus PKK Kabupaten Kediri mendapat penguatan di bidang pembuatan handycraft. Harapannya, penguatan handycraft tersebut mampu memunculkan inovasi yang dapat ditularkan kepada kader di daerah.

Sementara itu, Ketua Pokja 1 Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Dyah Saktiana menambahkan dalam kegiatan pelatihan public speaking itu para peserta juga diminta praktik berbicara di depan audiens. Hal itu dilakukan untuk membangun kepercayaan diri peserta.

"Ilmu public speaking ini bisa diterapkan saat para kader memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang program-program TP PKK, maupun program Pemerintah Kabupaten Kediri," jelas Dyah.

Sebagai informasi, dalam pelatihan public speaking itu peserta diberikan tips berbicara di depan audiens, seperti pengenalan audiens yang akan diajak berkomunikasi, penyiapan materi, mementingkan interaksi dan jeda dalam komunikasi.

(akd/ega)