Sambutan Meriah untuk Ayumi Sasaki saat Pulang ke Banyuwangi

Ardian Fanani - detikJatim
Selasa, 30 Agu 2022 15:56 WIB
Banyuwangi -

Ayumi Sasaki, pembawa baki pada upacara penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka pada perayaan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI pulang ke Banyuwangi. Ayumi disambut warga dan tetangga sekitar. Mereka sengaja menyambut meriah, karena Ayumi merupakan kebanggaan warga Banyuwangi.

Ayumi Sasaki tiba di Banyuwangi, Selasa (30/8/2022). Dia didampingi ibunya, Agusnita Fitriyani (41) dan kerabatnya memasuki gang menuju rumahnya.

Di depan rumah, terdapat pentas untuk penyambutan Ayumi Sasaki. Beberapa orang menyanyikan lagu Umbul-umbul Blambangan, lagu khas Banyuwangi yang membanggakan.

"Selamat datang Ayumi. Alhamdulillah sudah membanggakan warga Banyuwangi. Terima kasih," ujar salah satu tetangga Ayumi.

Tak hanya disambut, Ayumi juga diberi bunga dan dikalungi selendang. Ayumi pun bergegas ke pentas lokasi acara penyambutan.

Ayumi Sasaki disambut keluarga dan tetangganyaAyumi Sasaki disambut keluarga dan tetangganya Foto: Ardian Fanani/detikJatim

"Terima kasih sudah menyambut saya. Kaget juga kok sampai disambut seperti ini," ujar Ayumi.

Ibu Ayumi, Agusnita Fitriyani mengaku penyambutan ini dilakukan oleh warga sekitar dan koleganya secara spontanitas. Dirinya sebenarnya ingin menyambut Ayumi dengan sederhana. Namun, karena banyak permintaan untuk menyambut dengan meriah, dia akhirnya menuruti permintaan kolega dan tetangganya.

"Sebenarnya ingin sederhana. Tapi karena memang Ayumi sekarang tidak hanya anak saya tapi milik Banyuwangi, kebanggaan warga Banyuwangi, ya saya manut," ujarnya kepada detikJatim.

Segala keperluan penyambutan pun dipersiapkan oleh tetangga dan koleganya. Dia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mendukung langkah Ayumi hingga menjadi Paskibraka Nasional.

"Kami tak bisa berkata apa-apa. Hanya ucapan terima kasih kepada semuanya yang telah mendukung Ayumi," tukasnya.

(hil/dte)