Keren! Mahasiswa ITS Sabet Juara 2 dan 3 Kompetisi Mobil Prototipe di Malaysia

Tim detikJatim - detikJatim
Rabu, 10 Agu 2022 18:47 WIB
its
Tim Spektronics ITS, Foto: Humas ITS
Surabaya -

ITS kembali mengukir prestasi di tingkat internasional. Kali ini, 2 tim Spektronics ITS berhasil menyabet juara kompetisi mobil prototipe di ajang Malaysia Chem-E-Car di Kuala Lumpur Convention Centre, Malaysia, Selasa (9/8).

Kompetisi berupa presentasi poster yang menyasar mahasiswa seluruh dunia ini dihelat selama sebulan. Pada perlombaan, tim ITS mendapat juara II untuk tim Spektronics Turbo dan juara III untuk tim Spektronics Nitro.

Ajang kompetisi Chem E-Car ini menantang peserta untuk merancang mobil prototipe seukuran kotak sepatu. Lantas diberi tenaga dari reaksi kimia.

Mahasiswa ITS yang berkompetisi adalah Bimo Bintang Aulia dan Ahmad Fajar Firdaus dalam tim Spektronics Turbo. Sementara tim Spektronics Nitro adalah Dheas Pinda dan Wiji Dharma.

itsTampilan Chem-E-Car Foto: HUMAS ITS

"Ada ketentuan satu tim harus terdiri dari dua orang dan salah satunya diwajibkan dari mahasiswa jurusan Teknik Kimia," terang Bimo yang didaulat sebagai ketua tim.

Bimo melanjutkan, turbo merupakan mobil Chem-E-Car yang menggunakan thermoelectric generator sebagai sumber dayanya. Sementara untuk nitro, memakai turbin yang menggunakan dekomposisi reaksi hidrogen peroksida untuk menggerakkan air masuk ke sistem turbin.

"Singkatnya, turbo akan bergerak dari listrik yang dihasilkan oleh perbedaan suhu dan nitro dari turbin air," kata Bimo.

Mobil rancangan tim ITS ini memiliki keunikan masing-masing. Yakni turbo menggunakan shape memory alloy yang bisa berubah bentuk pada temperatur tertentu. Sementara untuk nitro, Dheas dan Wiji menggunakan turbin klasik untuk menekankan efisiensi yang tinggi.

Spektronics Turbo menggunakan sintesis dari bahan kimia. Setelah terjadi sintesis, terdapat sisi dingin menggunakan es dan panas yang dihasilkan dari reaksi sebelumnya. Dari reaksi tersebut didapatkan perbedaan suhu panas dan dingin yang dapat menghasilkan listrik untuk menggerakkan motor.

"Sementara untuk Spektronics Nitro, terdapat reaksi kimia yang menghasilkan oksigen. Oksigen tersebut nantinya digunakan untuk mendorong kuat air dan disambungkan ke mobil untuk bergerak," papar Dheas

Selama menghadapi kompetisi ini, kendala tim yang berlaga adalah waktu yang sangat singkat. Dalam persiapan satu bulan, mereka menggali ide sedalam-dalamnya untuk inovasi dan prototipe mobil.

"Kami berharap langkah kemenangan ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi dapat terus ber-progress dan konsisten meraih juara nasional maupun internasional serta dapat menjuarai kompetisi di Jerman bulan depan," pungkas Bimo.



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/iwd)