Bangga Rek! Unair Masuk 4 PTN Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia

Tim detikJatim - detikJatim
Senin, 13 Jun 2022 13:48 WIB
Kampus Universitas Airlangga
Kampus C Unair (Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikJatim/file)
Surabaya -

Pendaftaran kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tengah berlangsung. Salah satu jurusan yang paling diminati calon mahasiswa adalah kedokteran. Sebagai referensi, ada 4 jurusan kedokteran terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings (WUR). Salah satunya Universitas Airlangga (Unair)

Pemeringkatan tersebut dirilis QS WUR by Subject 2022. Dilansir detikEdu, kriteria pemeringkatan tersebut berdasarkan reputasi akademik, reputasi employer para lulusan, sitasi riset per paper, H-index, dan jejaring riset internasional di bidang fakultas.

Kampus dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2022 adalah Universitas Indonesia (UI). Kampus ini menduduki peringkat pertama di Indonesia dengan peringkat 201-250 dari total 671 kampus yang memiliki fakultas Kedokteran.

Berikut universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022:

1. Universitas Indonesia (UI)

UI menempati peringkat dunia 201-250 pada subjek kedokteran versi QS WUR by Subject 2022. Fakultas Kedokteran (FK) UI terdiri dari Program Pendidikan Dokter, Magister Ilmu Biomedik, Ilmu Gizi, Ilmu Kedokteran Kerja, dan berbagai program spesialis. FK UI juga punya Kelas Internasional dan Program Doktor.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Unair meraih posisi 401-450 di peringkat dunia subjek kedokteran versi QS WUR by Subject 2022. FK Unair memiliki jurusan Kedokteran dan Kebidanan untuk program sarjana. FK Unair juga membuka berbagai program pendidikan dokter spesialis hingga magister dan doktoral.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menduduki peringkat 401-450 dunia di subjek kedokteran versi QS WUR by Subject 2022. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM memiliki program S1 Kedokteran, Gizi Kesehatan, dan Keperawatan.

FK-KMK UGM juga membuka Program Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan hingga Ilmu Biomedik. Serta berbagai pendidikan spesialis dan program Doktor.

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

Unpad menempati posisi 601-650 dunia di subjek kedokteran versi QS WUR 2022. FK Unpad memiliki program D4 Kebidanan dan S1 Kedokteran. Serta berbagai program spesialis dan doktoral.

Bagaimana detikers? ada universitas dengan jurusan kedokteran terbaik versi QS WUR by Subject 2022 yang kamu incar? Semoga berhasil, ya!



Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)