Saat Pencuri HP di Pasuruan Dimaafkan Korban hingga Akhirnya Dibebaskan

Saat Pencuri HP di Pasuruan Dimaafkan Korban hingga Akhirnya Dibebaskan

Muhajir Arifin - detikJatim
Sabtu, 03 Des 2022 20:41 WIB
Polsek Kebonagung Pasuruan restorative justice kasus pencurian ponsel
Polsek Kebonagung Pasuruan restorative justice kasus pencurian ponsel (Foto: Muhajir Arifin/detikJatim)
Pasuruan -

FS (62), pencuri handphone di sebuah kios Pasar Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan dibebaskan dari jerat pidana. Kasusnya ditutup setelah Margiyono (48), pemilik kios sekaligus korban pencurian memaafkan dan mencabut laporan.

Alasan Magiyono memaafkan pelaku karena pelaku sudah tua dan merasa kasihan. Terlapor sendiri merupakan warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo.

"Saya kasihan. Bapaknya sudah tua. Apalagi kondisi ekonomi bapak ini yang sangat minim di bawah standar," kata Margiyono di Mapolsek Purworejo, Sabtu (3/12/2022).

Margiyono mengatakan, handphone yang sempat dibawa kabur terlapor juga dalam kondisi rusak. Selain itu, uang senilai Rp 100 ribu yang sempat hilang juga sudah dikembalikan.

"Memang kehilangan saya nggak seberapa. Saya maafkan, mudah-mudahan bapak itu bisa sadar kalau mencuri itu memang salah dan tidak diulangi lagi," ucapnya.

Kapolsek Purworejo Kompol Endy Purwanto menjelaskan, kasus dugaan pencurian di kios Pasar Kebonagung tersebut diselesaikan melalui mekanisme Restorative Justice. Menurut Endy, Restorative Justice diambil karena kerugian tidak banyak, kedua belah pihak berdamai, dan terlapor tidak pernah melakukan tindak pidana.

"Korban tergerak hatinya untuk memaafkan. Apalagi latar belakang terlapor semenjak ditinggal istrinya selingkuh, kondisinya terguncang, tidurnya pun tidak tentu, pekerjaan tidak ada, sehingga kepepet untuk mencuri," pungkasnya.

Sebelumnya FS sempat dihajar massa di Pasar Kebonagung usai menyatroni kios, Kamis (1/12/2022) pagi. Saat keluar kios, ia diadang petugas keamanan pasar, namun langsung kabur hingga masuk ke permukiman warga. Namun ia akhirnya tertangkap.

Tidak lama petugas Polsek Purworejo mengamankannya. Sebelum dibawa ke polsek, petugas merawatnya rumah sakit dulu. Polisi menyebut FS mengaku nekat mencuri karena kepepet kebutuhan sehari-hari.



Simak Video "Feni Rose Tolak Lakukan Restorative Justice dengan Deolipa Yumara"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/dte)