Komplotan Begal Sadis di Muncar Banyuwangi Ditangkap

Ardian Fanani - detikJatim
Selasa, 27 Sep 2022 11:21 WIB
Empat begal di Banyuwangi yang ditangkap Polsek Muncar
Foto: Empat begal di Banyuwangi yang ditangkap Polsek Muncar (Dok. Polsek Muncar)
Banyuwangi -

Empat pelaku begal disertai penganiayaan di Kecamatan Muncar, Banyuwangi ditangkap polisi. Sementara 4 pelaku lainnya kini buron.

Keempat pelaku adalah AT (34), SM (18), SL dan IL. Ke empat pelaku diketahui warga Dusun Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.

Sedangkan korban yakni Didik Januarto (34) warga Muncar. Ia dibegal dan dianiaya pada 5 Agustus 2022.

Kanit Reskrim Polsek Muncar, Iptu Sadimun menjelaskan, berdasarkan laporan korban mengaku dihadang dikeroyok serta barang miliknya dirampas secara paksa. Aksi begal ini dilakukan di Jalan Raya Sumberayu, dekat dengan SPBU Kedungringin Kecamatan Muncar.

"Korban dihadang lalu dikeroyok dan barang miliknya berupa tas slempang dibawa," jelasnya kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Korban mengalami luka di bagian tangan lutut dan kepala. Para pelaku juga merampas tas korban yang berisi 1 buah handphone (Samsung A10) dan sejumlah uang tunai sebesar Rp 3,2 juta.

Dari 8 pelaku, kata Sadimun, saat ini susah diamankan 4 pelaku. Sisanya masih dalam pengejaran.

"Empat pelaku dapat diamankan yang lain masih dalam pengejaran," kata Sadimun

Menurutnya, dalam aksinya pelaku satu persatu mempunyai peran masing-masing. Beberapa orang melakukan penganiayaan dan beberapa orang lagi merampas tas yang berisi handphone dan juga sejumlah uang.

"Setelah berhasil membawa tas korban, pelaku membuang tas itu ke laut," tambahnya.

Akibat perbuatan keempat pelaku, kini polisi menahannya di Mapolsek Muncar. Mereka dijerat dengan 365 KUHP dan atau pasal 170 ayat (1) KUHP atau pasal 351 ayat (1l) KUHP Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP

"Ancaman hukuman 5 tahun penjara," tandas Sadimun.



Simak Video "Polisi Ringkus Otak Begal Warga Pakai Samurai di Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)