Perampok Minimarket di Surabaya Bersenjatakan Pistol Mainan Diringkus

Perampok Minimarket di Surabaya Bersenjatakan Pistol Mainan Diringkus

Deny Prasetyo Utomo - detikJatim
Senin, 26 Sep 2022 15:55 WIB
Dua tersangka perampok berpistol mainan dihadirkan dirilis Polsek Gayungan Surabaya
Dua tersangka perampok berpistol mainan dihadirkan dirilis Polsek Gayungan Surabaya (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Surabaya -

Polisi mengamankan dua tersangka perampokan spesialis minimarket di Surabaya. Dalam aksinya, keduanya kerap menggunakan senpi yang ternyata adalah pistol mainan.

Kedua tersangka yakni DN (28) warga Karawang, Jawa Barat dan SS (24) warga Grobogan, Jawa Tengah. Kedua tersangka diringkus pada Senin (19/9) usai melancarkan aksinya.

Dalam aksinya, kedua tersangka kerap menodongkan pistol mainan kepada korbannya. Tersangka kemudian menguras uang di kasir minimarket sasarannya.

Kapolsek Gayungan Kompol Suhartono mengatakan kedua tersangka diketahui telah melakukan perampokan di dua minimarket di Surabaya. Adapun lokasinya yakni kawasan Gayungan dan Ketintang pada Minggu (18/9).

"Sebelum melancarkan aksinya kedua pelaku melakukan minum-minum, kemudian mencari sasaran, mereka muter-muter menyasar minimarket yang mau tutup," kata Suhartono kepada wartawan di Polsek Gayungan, Senin (26/9/2022).

"Peran satu tersangka mengawasi di luar dan yang satu beraksi di dalam menggunakan senjata (mainan) menodongkan kepada korban, setelah itu mengambil barang-barang yang berharga," imbuhnya.

Dalam aksinya, lanjut Suhartono, kedua tersangka mengambil sejumlah uang di kasir, rokok dan handphone. Kemudian mereka kabur dan melanjutkan aksinya di minimarket yang lain.

Tak hanya merampok di dua minimarket di Surabaya, kedua tersangka juga mengaku melakukan perampokan di dua minimarket di wilayah Sidoarjo, Pasuruan hingga Mojokerto.

"Tidak berhenti mereka, kurang puas, melakukan aksinya lagi di Sidoarjo di dua TKP, dan sebelumnya, dia (tersangka) juga melakukan perampokan di POM SPBU jalan Jenggolo Sidoarjo. Di Sidoarjo sendiri ada empat TKP (perampokan mini market)," ungkap Suhartono.

Dari hasil perampokan empat mini market di Surabaya dan Sidoarjo, kedua tersangka mendapatkan uang sebesar Rp 23 juta, handphone dan barang bukti lainnya. Namun Dalam aksinya yang terakhir, kedua tersangka berhasil dikejar. Dan dalam hitungan jam, keduanya berhasil ditangkap Polsek Gayungan pada Senin (19/9).

"Pukul 04.30 WIB, pelaku pertama berhasil kita tangkap di pom bensin Sidotopo Surabaya, dan yang kedua di Sidotopo pada pukul 18.00 WIB juga kita amankan," tandas Suhartono.



Simak Video "Konser Westlife di Surabaya Obati Rindu Fan"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)