Jambret Spesialis Nenek-nenek di Probolinggo Diringkus

Jambret Spesialis Nenek-nenek di Probolinggo Diringkus

M Rofiq - detikJatim
Minggu, 25 Sep 2022 20:40 WIB
DAP, Pelaku penjambretan spesialis lansia di Probolinggo
DAP, Pelaku penjambretan spesialis lansia di Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Polisi akhirnya menangkap penjambret kalung seorang nenek di Jalan Kencono Wungu, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Aksi penjambretan itu terjadi Senin (20/6) dan sempat terekam CCTV dan viral.

Pelaku berinisial DAP (28), warga Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Sedangkan korban adalah Jumaijah (60) yang saat dijambret sedang menyapu halaman rumah.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Jamal menerangkan, pelaku merupakan spesialis jambret dengan sasaran perempuan lanjut usia. Pada penjambretan di Jalan Kencono, ia berpura-pura menanyakan rumah kontrakan.

"Pelaku mengincar perhiasan yang dikenakan korban. Saat sedang sepi pelaku pura - pura tanya depan rumah korban yang hendak di kontrakkan, pelaku merampas perhiasan berupa sebuah kalung jenis Mecanu dengan berat 7,9 gram milik korban Jumaijah di depan rumah korban saat sedang menyapu," ujar Jamal, Minggu (25/09/2022).

Jamal menuturkan kasus itu terungkap setelah salah satu saksi mengenalinya usai menjambret korban S (57) warga Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Jambret itu dilakukan pada Sabtu (17/9) sekitar pukul 06.00 WIB di depan rumah korban.

Namun penjambretan di Jalan Letjen Suprapto tersebut tidak berhasil karena kalung yang sudah putus saat ditarik paksa masih menyangkut di baju korban.

Polisi kemudian mendatangi TKP dan melakukan penyelidikan, serta mengamankan bukti video CCTV. Akhirnya petugas Jatanras bisa menangkap pelaku di tempat persembunyiannya.

"Setiap melancarkan aksinya, pelaku DAP selalu membawa tongkat pemukul besi lipat," tambah Jamal.

Selain itu, polisi menyita barang bukti berupa sepeda motor Satria FU warna putih biru dan pakaian yang dikenakan oleh pelaku saat menjambret di dua TKP. Tersangka akan dijerat dengan Pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sebelumnya Penjambretan kalung seorang nenek terjadi di Kota Probolinggo. Penjambretan itu sempat terekam kamera CCTV.

Penjambretan itu terjadi di Jalan Kencono Wungu, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo pada Senin (20/6). Korban diketahui bernama Jumai'jah (60), warga setempat.

Dalam rekaman CCTV, tampak seorang pria yang mengendarai motor turun dan menghampiri korban. Saat itu, korban tengah menyapu di halaman rumah.



Simak Video "Wanita di Medan Jadi Korban Jambret, Jatuh hingga Terseret!"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/fat)