11,5 Juta Pil Koplo Disita dari Jaringan Narkoba Internasional di Surabaya

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Selasa, 16 Agu 2022 13:23 WIB
Tiga pengedar jaringan internasional yang ditangkap di Surabaya
Tiga pengedar jaringan narkoba internasional yang ditangkap di Surabaya (Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Tiga tersangka jaringan narkoba internasional di Surabaya ditangkap. Selain menyita 36,27 kg sabu, polisi juga menyita 4.997 butir ekstasi dan 11.509.000 butir pil koplo.

Ketiga tersangka adalah Yudi Astono, Agus Wahyurianto, dan Juni Tri Wahyudin. Ketiganya punya peran masing-masing yakni sebagai pengedar, penyuplai, hingga penimbun.

"Dari ketiga tersangka, kami amankan sabu 36,276 kilogram, ekstasi 4.997 butir, lalu pil koplo, dan Double L 11.509.000 butir," jelas Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Anton Elfrino Trisanto, Selasa (16/8/2022).

Anton mengatakan seluruh barang bukti narkoba ini rencananya akan diedarkan di Jatim. Dengan pengungkapan ini, Anton mengaku pihaknya telah berhasil menyelamatkan sekitar 6 juta orang akibat narkoba.

"Ini kita proyeksikan dari semua BB (barang bukti) yang ada, kita mampu menyelamatkan 6 juta jiwa manusia di Indonesia. Mudah-mudahan, ini menjadi kado terindah untuk hari kemerdekaan Indonesia," ujarnya.

Dalam pemeriksaan, lanjut Anton, dalam setiap kali transaksi, para tersangka bisa meraup untung hingga jutaan rupiah. Keuntungan itu dibagikan sesuai peran masing-masing.

"Pengakuannya, (Yudi) dapat Rp 5,5 juta, lalu tersangka 2 (Agus) Rp 1.5 juta, lalu (Juni) Rp 4 juta, sisa untung lainnya dibagi," tandas Anton.

Sebelumnya, polisi di Surabaya menangkap tiga tersangka jaringan pengedar narkotika internasional. Selama ini, jaringan ini memasok sabu dari China sedangkan pil koplo berasal dari Jakarta.



Simak Video "Sejumlah Transaksi Narkoba Jaringan Clan del Golfo Kolombia Dibongkar"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)