Sidang Mas Bechi Berlangsung Selama 8 Jam, 5 Saksi Dihadirkan

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Senin, 15 Agu 2022 17:49 WIB
Mas Bechi usai menjalani sidang
Potret Mas Bechi (masker putih) usai menjalani sidang (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Terdakwa kasus pencabulan dan pemerkosaan pada santriwati, Moch. Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi telah menjalani sidang dengan agenda pemeriksaan saksi. Sidang berlangsung secara tertutup selama 8 jam, sejak pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Ada 5 saksi yang dihadirkan dalam sidang tertutup ini.

Dalam sidang ini, Mas Bechi pertama kali dihadirkan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Sebelumnya, Mas Bechi mengikuti sidang dari Rutan Klas I Surabaya atau Rutan Medaeng, tempatnya dipenjara. Mas Bechi dihadirkan dengan agenda pemeriksaan saksi dan terdakwa.

Kepala Kejari Jombang, Tengku Firdaus mengatakan, ada lima orang saksi yang dihadirkan dari pihak JPU. Seluruhnya merupakan saksi korban, termasuk pelapor.

"Kami menghadirkan 5 saksi dalam berkas perkara, ada pelapor, saksi yang melihat, mendengar, dan mengetahui. Tadi kita hadirkan dan sudah disumpah, dalam tahap proses pemeriksaan saksi tadi baru 1 saksi diperiksa," tutur Tengku di PN Surabaya, Senin (15/8/2022).

Namun, ia mengaku durasi pemeriksaan saksi di-skorsing atau tunda lantaran baru 1 saksi yang diperiksa. Sementara, 4 lainnya pada dijadwalkan diperiksa pada Kamis (18/8) dan Jumat (19/8).

"Keempatnya nanti hari Kamis dan Jumat," katanya.

Sementara soal keterangan saksi yang disampaikan saat sidang, ia mengklaim hal ini memperkuat pembuktian dakwaan JPU. Sayangnya, ia enggan menjelaskan secara detail lantaran masuk dalam pokok materi sidang tertutup.

"Tapi, saya tidak bisa cerita karena tertutup dan itu materi pokok perkara," imbuhnya.

Mas Bechi bantah melakukan persetubuhan dan siap disumpah muhabalah, di halaman selanjutnya!