Akal Bulus Pria di Surabaya Diam-diam Gandakan Kunci Lalu Curi Motor Pacar

Deny Prastyo Utomo - detikJatim
Minggu, 14 Agu 2022 04:04 WIB
Pelaku curanmor dukuh pakis
Pelaku pencurian motor bermodus ajak pacaran korban saat di kantor polisi. (Foto: Dok. Istimewa)
Surabaya -

Seorang pria bernama Abdul Muiz diringkus Unit Reskrim Polsek Dukuh Pakis, Surabaya. Pria berusia 27 tahun tersebut terekam CCTV mencuri motor milik kekasihnya.

"Pelaku ini terekam CCTV mencuri motor milik pacarnya di Jalan Dukuh Kupang, Surabaya," jelas Kapolsek Dukuh Pakis Kompol Agung Widiyoko, Sabtu (13/8/2022)

Agung menjelaskan, dalam melancarkan aksinya, pelaku terlebih dahulu menjalin asmara dengan korban. Setelah saling percaya, korban dan pelaku sering menggunakan motor tersebut untuk berpacaran.

Bahkan, korban pun percaya ketika pelaku meminjam motornya. Namun, hal itu dimanfaatkan pelaku untuk menggandakan kunci sepeda motor tersebut.

"Hingga pada bulan Juli 2022 lalu, pelaku mengembalikan motor beserta kunci dan STNK-nya ke korban. Pada saat mengembalikan, pelaku tak mengunci setir motor tersebut," jelas Agung.

Agung menambahkan, setelah mengembalikan motor tersebut, pelaku kembali datang ke tempat tinggal korban pada malam hari. Pelaku yang mengetahui situasi dan kondisi sekitar rumah korban langsung membawa motor dengan cara didorong.

"Setelah mendorong cukup jauh, pelaku telah mempersiapkan kunci ganda yang sudah dipersiakan sebelumnya," tambah mantan Kanit Jatanras Polrestabes Surabaya tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Agung, ternyata pelaku kerap menggunakan modus memacari wanita sebelum mencuri motornya. Pelaku juga dilaporkan melakukan penggelapan sepeda motor oleh dua orang wanita di Lamongan.

"Memang modusnya pacari korban, terus membawa kabur motornya. Entah itu dicuri atau digelapkan," tutur Agung.

Setelah mendapatkan laporan dari korban, polisi meringkus pelalu pada Senin (8/8) lalu di rumahnya. Saat dilakukan penggeledahan, polisi menemukan sepeda motor berada di rumahnya.

"Kami amankan barang bukti dari tangan pelaku sepeda motor Honda Scoppy. Pelaku belum menjualnya," tukas mantan Kanit Reskrim Polsek Wonokromo ini.



Simak Video "Polisi Ringkus 4 Pelaku Curanmor di Purwakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/dte)