Ferdy Sambo, Jenderal Bintang Dua yang Terancam Hukuman Mati

Tim detikJatim - detikJatim
Kamis, 11 Agu 2022 08:41 WIB
Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Pembunuhan Brigadir Yoshua
Irjen Ferdy Sambo, jenderal bintang dua yang terancam hukuman mati. (Foto: Edi Wahyono/detikX)
Surabaya -

Tabir kematian Brigadir Nofrianyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J secara perlahan mulai terbongkar. Adalah Irjen Ferdy Sambo yang jadi dalang penembakan Brigadir J. Sang jenderal bintang dua kini jadi tersangka dan terancam hukuman mati.

Berdasarkan hasil penyelidikan, terungkap peran besar Sambo pada kematian bintara asal Jambi tersebut. Sambo menyuruh Bharada E alias Bharada Eliezer untuk menembak Brigadir J.

Tak cukup sampai di situ, Sambo juga otak dari skenario tembak-menembak. Sebelumnya saat awal kasus ini mencuat, Brigadir J disebut sempat melepaskan tembakan. Faktanya, Brigadir J tak pernah melawan.

"Menyuruh melakukan dan menskenario peristiwa seolah terjadi peristiwa tembak-menembak di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di Duren Tiga," jelas Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Selasa (9/8).

Sambo menembakan pistol Brigadir J ke dinding. Skenario itu dirancang agar terlihat seperti baku tembak.

Awalnya skenario itu berlangsung mulus. Jenderal bintang dua itu sudah mengondisikan anak buahnya untuk mengatur Tempat Kejadian Perkara (TKP). Beberapa CCTV diambil untuk mengaburkan fakta yang sebenarnya.

Soal olah TKP awal yang tidak profesional, Mabes Polri mengakui hal tersebut. Bahkan Timsus yang dibentuk Kapolri pun sempat kesulitan untuk mencari bukti-bukti.

"Kami mengalami kesulitan karena pada saat pelaksanaan olah TKP awal dilaksanakan tidak profesional, kurang profesional, dan alat bukti pendukung sudah diambil," ungkap Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto.

Pengakuan Bharada E yang mengantar Sambo jadi tersangka. Baca di halaman selanjutnya.



Simak Video "Irjen Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati"
[Gambas:Video 20detik]