Paniknya Pemilik saat Tasnya Isi Emas dan Uang Jatuh di Jalan Usai Pulang Haji

Praditya Fauzi Rahman - detikJatim
Selasa, 09 Agu 2022 00:08 WIB
Harideh saat berada di Polsek Asemrowo mengambil tas isi uang dan perhiasan puluhan juta
Harideh saat menerima tas isi uang dan emas perhiasan bernilai puluhan juta. (Foto: Praditya Fauzi Rahman/detikJatim)
Surabaya -

Betapa paniknya Harideh saat menyadari tas miliknya berisi perhiasan emas dan uang jutaan rupiah raib. Padahal, waktu itu dia baru saja pulang dari ibadah haji.

"Waktu itu saya setelah naik haji pulang ke Madura, sesudah Isya balik ke Surabaya. Nah ini (tas) nggak ada, ndak tahu tertinggal atau jatuh, pokoknya sudah nggak ada," cerita Harideh di Mapolsek Asemrowo, Senin (8/8/2022).

Awalnya Herideh tak sadar jika tasnya hilang. Orang yang pertama kali menyadari tas berharga itu raib adalah anaknya.

"Yang pertama tahu anak saya, kemudian saya di telepon anak saya," tambahnya.

Rupanya, anak Harideh telah ditelepon polisi. Adalah personel Polsek Asemrowo, Surabaya yang menemukan tas tersebut.

Polisi mengabarkan bahwa mereka telah menemukan tas. Anak Harideh kemudian mendatangi kantor polisi dan diminta untuk mengecek isi tas tersebut.

"Mungkin jatuh atau bagaimana, saya tidak tahu jelasnya, tahunya pas Selasa (2/8) malam itu," lanjutnya.

Saat mendapat uang dan perhiasan emas miliknya, Harideh tak henti-hentinya bersyukur. Sebab, uang tersebut jadi modal satu-satunya untuk usaha rongsokan yang diputar oleh sang suami.

"Rencana mau dibuat untuk kulak (beli) besi tua, kan suami saya usaha rombeng kecil-kecilan, takutnya kebobolan, ternyata ketinggalan," ungkapnya.

Herideh berterima kasih kepada polisi karena sudah menemukan tasnya. Dia menganggap kejadian ini adalah berkah tak ternilai sepulang dirinya dari Tanah Suci

"Terima kasih banyak kepada bapak polisi Polsek Asemrowo, ini berkah naik haji mas, amin, sudah dikembalikan dan tidak berkurang sepeser pun," kata istri dari Abdul Moe'in (54) itu.

Sementara itu, Kapolsek Asemrowo Surabaya Kompol Hari Kurniawan menjelaskan, awal mula pihaknya menemukan tas itu. Tas itu ditemukan saat anak buahnya berpatroli di depan Pasar Loak Dupak, Surabaya. Lalu, tas tanpa pemilik itu diambil.

Di dalam tas itu ditemukan barang-barang berharga berupa perhiasan emas 75 gram dan uang tunai Rp 35 juta serta sebuah KTP.

"Saya terima laporan ini Selasa (2/8) lalu. Awalnya, saya kira tasnya pelaku kejahatan, apalagi di dalamnya ada uang dan emas, tapi ada identitas pemilik," jelas Hari.



Simak Video "Busa Setinggi 2 Meter Muncul di Sungai Mulyorejo, Ini Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)