Polisi Probolinggo Gerebek-Sita Ratusan Botol Miras dari Toko Kelontong

M Rofiq - detikJatim
Jumat, 29 Jul 2022 13:41 WIB
Penggerebekan toko kelontong di Probolinggo yang memperdagangkan miras tanpa izin
Penggerebekan toko kelontong di Probolinggo yang memperdagangkan miras tanpa izin. (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Probolinggo -

Satuan Samapta Polres Probolinggo menggerebek toko kelontong di Desa Condong, Probolinggo. Dalam aksi itu petugas berhasil menyita ratusan botol miras berbagai merk.

Bermula dari laporan masyarakat yang resah dengan adanya Toko Sutra Jaya milik Satrulan, puluhan petugas langsung melakukan penggeledahan setiap sudut toko. Hingga akhirnya petugas memang mendapati miras jenis arak dan ice land dipajang di etalase toko.

Tidak sampai di situ, petugas langsung masuk ke kamar dan gudang penyimpanan sembako. Di sana petugas kembali menemukan ratusan botol miras yang disembunyikan oleh pemilik toko di antara sembako untuk mengelabui petugas.

Giat gerebek miras oleh Tim Bromo 1 itu menjadi tontonan warga desa dan pengguna jalan yang melintas saat proses penyitaan ratusan miras pada Jumat (29/7/2022). Karena tidak bisa menunjukkan surat izin penjualan miras, petugas mengamankan 20 dus berisi 273 botol miras berbagai merk.

Seluruh miras bermerek Drum, Ice Land, Vodka, anggur merah dan putih, serta botol kemasan air berisi arak itu dibawa ke Mapolres Probolinggo untuk dikenakan proses tindak pidana ringan.

Kasat Samapta Polres Probolinggo Iptu Siswandi menyatakan banyak laporan dari masyarakat yang resah dengan toko penjual miras ini. Kami datangi dan petugas berhasil mengamankan ratusan botol miras berbagai merk serta kami imbau masyarakat agar tidak mengedarkan miras tanpa ijin resmi.

"Berawal adanya laporan masyarakat ada warung jual miras, Tim Bromo 1 Sat Samapta Polres Probolinggo, langsung mendatangi lokasi, petugas amankan ratusan botol miras berbagai merk, kita amankan karena tidak bisa menunjukkan surat izin penjualan, ratusan botol miras kami sita" kata Siswandi kepada detikJatim.

Karena sering terjadi tindak pidana dan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Probolinggo, menurutnya petugas Satuan Samapta Polres Probolinggo akan sering melakukan razia semacam ini untuk meminimalisir terjadinya tindak pidana akibat miras.



Simak Video "Bea-Cukai Purwakarta Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok dan Miras Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/fat)