Sederet Kontroversi Brotoseno hingga Dipecat dari Polri

Kabar Nasional

Sederet Kontroversi Brotoseno hingga Dipecat dari Polri

Tim detikNews - detikJatim
Jumat, 15 Jul 2022 14:05 WIB
Sidang lanjutan dugaan suap dengan terdakwa AKBP Brotoseno batal digelar, Senin (20/2/2017). Hal tersebut lantaran majelis hakim ada agenda lain yang harus didahulukan.
Brotoseno (Foto: Agung Pambudhy/detikJatim)
Surabaya -

AKBP Raden Brotoseno resmi dipecat dari kepolisian. Karier Brotoseno sudah kandas di Polri usai diputus melalui sidang etik. Sebelumnya, Brotoseno sempat tersangkut kasus suap saat dirinya menjadi petugas KPK.

"Berdasarkan hasil PK atas nama AKBP Brotoseno yang dilaksanakan pada Hari Jumat tanggal 8 Juli 2022 pukul 13.30 WIB memutuskan untuk memberatkan sidang Komisi Kode Etik Polri tanggal 13 Oktober 20220 menjadi sanksi administratif berupa PTDH sebagai anggota Polri," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah dikutip dari detikNews, Jumat (15/7/2022).

Dari hasil sidang PK, Brotoseno resmi mengakhiri masa dinasnya di Polri. Ini usai dirinya menerima keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH).

Diketahui, nama Brotoseno mulai mencuat di publik sejak tahun 2011. Namanya sempat tersandung sejumlah kontroversi.

Berikut sederet kontroversi yang sempat dilakukan Brotoseno:

Terungkapnya Asmara Brotoseno-Angelina Sondakh

Kisah asmara Brotoseno dengan Angelina Sondakh atau Angie mulai terendus pada akhir tahun 2011. Cinta keduanya bersemi karena kerap berkomunikasi. Kala itu, Angie adalah saksi dalam kasus proyek Wisma Atlet dengan terdakwa Nazaruddin.

Angie sempat menutup-nutupi hubungannya dengan Brotoseno. Namun, Angie setelah itu mulai terbuka soal hubungannya Broto. Angie dan Brotoseno juga sempat mengunjungi lokasi pengungsian korban banjir bandang di Dusun Sidorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Foto mesra Angie dan Brotoseno juga beredar luas. Ada tiga foto yang beredar di tengah publik pada 2011. Kala itu, Brotoseno bertugas di KPK dan menjadi penyidik KPK.

Sedangkan Angie kerap 'bolak-balik' di KPK karena dia menjadi saksi kasus korupsi proyek Wisma Atlet dengan tersangka Nazaruddin. Angie juga tersangka dalam perkara itu setelah KPK melakukan pendalaman.

Brotoseno Dipulangkan KPK

KPK memulangkan Brotoseno yang saat itu berpangkat Kompol ke Mabes Polri. Surat resmi juga telah diteken pimpinan KPK.

"Sudah sudah. Hari Senin kemarin sudah Kita kirim. Resmi saya tanda tangani," jelas Ketua KPK Busyro Muqoddas saat itu di sela-sela acara Satgas Pemberantasan Mafia Hukum di Istana Bogor, Rabu (14/12/2011).

Kisah cinta Angie dengan Brotoseno ini diketahui menjadi topik panas di kalangan internal KPK pada saat itu. Busyro pun mengamini adanya hubungan asmara antara penyidik KPK dengan janda Adjie Massaid itu.

"Indikasi ada kedekatan pribadi, dan itu sudah kami periksa. Itu hubungan anak-anak muda lah," kata Busyro beberapa waktu lalu.

Brotoseno kemudian dimutasi ke bagian sumber daya manusia (SDM) Polri. Hal itu tertuang dalam surat telegram Kapolri bernomor 2433/XII/2011 bertanggal 20 Desember 2011

Brotoseno yang disebutkan sebagai perwira menengah di Bareskrim Polri pun ditempatkan di bagian SDM Polri. Dia akan diarahkan ke bagian lain yakni Baggassus Robinkan Polri.

Brotoseno menjadi tersangka hingga dipenjara, di halaman selanjutnya!