Berkas Lengkap, 3 Jaksa Gadungan di Malang Penipu Rp 2,2 M Akan Disidang

Muhammad Aminudin - detikJatim
Sabtu, 14 Mei 2022 14:33 WIB
Tersangka jalani pemeriksaan tahap 2
Tersangka jalani pemeriksaan tahap 2 (Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim)
Malang -

Berkas tiga tersangka jaksa gadungan penipu Rp 2,2 miliar dinyatakan lengkap dan telah dilimpahkan ke jaksa penuntut umum (JPU). Ketiga tersangka tersebut akan segera disidangkan.

Ketiga tersangka yang dilimpahkan ke JPU tersebut adalah inisial FRA, DTM, dan RP. Mereka akan menjalani penahanan selama 20 hari di rutan Polres Malang.

Saat ini tim Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang akan menyusun berkas dakwaan. Selanjutnya ketiga tersangka akan segera menjalani persidangan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Diah Yuliastuti menuturkan tiga tersangka ini telah melakukan penipuan ke sejumlah korbannya. Akibatnya para korban menderita kerugian Rp 2,2 miliar.

Adapun modus para tersangka, lanjut Diah, yakni mengumumkan hasil lelang barang bukti dan hasil rampasan kejaksaan di media sosial.

Untuk meyakinkan, mereka juga mengaku sebagai Kajari dan sering mengenakan atribut kejaksaan. Ketika ada penawaran, ketiga tersangka kemudian mendatangi pemenang lelang untuk melakukan transaksi pembayaran.

"Modusnya adalah menawarkan lelang barang bukti di media sosial, dengan mengaku sebagai Kajari. Tersangka juga sering mengenakan atribut kejaksaan, tujuannya meyakinkan para korban," ujar Diah, Sabtu (14/5/2022).

Menurut Diah, dari hasil pemeriksaan, para tersangka telah melakukan aksi penipuan selama 3 tahun terakhir. Aksi mereka baru terungkap setelah korban menanyakan persoalan ke kejaksaan.

Tercatat sudah ada enam orang yang melaporkan sebagai korban ketiga tersangka. Tim dari Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang akhirnya berhasil menangkap ketiga tersangka di sebuah apartemen di Yogyakarta.



Simak Video "Aksi Polantas Malang Bantu Ibu Hamil Muda Sesak Napas"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/sun)