Bapak di Bojonegoro Diamankan Karena Perkosa Anak Tirinya

Ainur Rofiq - detikJatim
Kamis, 20 Jan 2022 17:32 WIB
Pelaku pemerkosaan anak tiri di Bojonegoro saat dirilis polisi
Pelaku pemerkosaan anak dirilis Polres BOjonegoro/Foto: Ainur Rofiq
Surabaya -

Seorang bapak di Bojonegoro diamankan karena memperkosa anak tirinya. Aksi pemerkosaan itu dilakukan berkali-kali pada korban yang masih di bawah umur.

Pelaku adalah Siswanto (46) warga Kecamatan Gondang, Bojonegoro. Perbuatan pelaku terungkap setelah korban bercerita kepada kakaknya yang kemudian melaporkannya ke polisi. Korban memberanikan diri bercerita karena tak kuasa menahan sakit selama ini.

Kapolres Bojonegoro AKBP Muhammad mengatakan dari hasil penyidikan, pelaku melakukan aksi bejatnya kepada anak tirinya sebanyak lima kali. Aksi itu dilakukan saat rumah dalam keadaan sepi.

"Menurut pengakuan korban, ada lima kali diperkosa bapak tirinya. Awalnya pada bulan September lalu," terang Muhammad kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

"Korban masih di bawah umur ya. Awal mulanya bapaknya lihat anak tirinya ganti baju setelah pulang sekolah. Sehingga dalam keadaan rumah sepi, korban diperkosa," imbuhnya.

Menurut Muhammad, setiap melakukan aksinya, pelaku juga selalu menyertai dengan ancaman kepada. Ancaman itu seperti "Ojo ngomong sopo-sopo, nek ngomong ta kandakno ibumu."

Selain itu, saat korban menjerit kesakitan dan meminta tolong kakeknya, juga dibentak oleh pelaku seperti "Ora usah berok-berok, mbah nang ora ono nok omah." Korban yang mengalami trauma saat ini telah didampingi tim psikologi dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bojonegoro.

Atas perbuatannya pelaku kini dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak Nomor 23 tahun 2022 Pasal 81 tentang Perbuatan Melakukan Kekerasan dan Pemaksaan Melakukan Persetubuhan Terhadap Anak.

"Ancaman hukumannya pidana penjara 13 tahun dan denda Rp 300 juta," tandas Muhammad.



Simak Video "#PercumaLaporPolisi, Kekecewaan Netizen Terhadap Kinerja Polri"
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)