Mantan Kadinsos Kota Kediri Jadi Tersangka Kasus Korupsi BPNT

Andhika Dwi - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 23:53 WIB
Kejaksaan Negeri Kota Kediri menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Mantan Kadinsos Kota Kediri berinisial TKP dan pendamping BPNT, SDR.
Jumpa pers Kejaksaan Negeri Kota Kediri/Foto: Andhika Dwi/detikcom
Kediri -

Kejaksaan Negeri Kota Kediri menetapkan dua tersangka dalam kasus korupsi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Mantan Kadinsos Kota Kediri berinisial TKP dan pendamping BPNT, SDR.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Sofyan Selle menjelaskan kronologi dan penetapan tersangka. Menurutnya, penyidik langsung melakukan penahanan kepada mereka.

"Tertanggal hari ini, penyidik merasa yakin bahwa telah mendapatkan alat bukti merugikan negara, dan telah menetapkan tersangka dengan inisial TKP dengan jabatan Eks Kepala Dinas Sosial Kota Kediri. Selanjutnya adalah SDR, koordinator pendamping," kata Sofyan, Rabu (19/1/2022).

Kedua tersangka diduga meminta uang kepada pihak supplier yang ditunjuk untuk menyediakan pasokan pangan untuk program BPNT. Nilai fee atau cash back tersebut tergantung komoditas.

Untuk komoditas beras, fee kepala dinas Rp 200 per kilogram dan pendamping Rp 100 per kilogram. Untuk komoditas telur, fee kepala dinas Rp 1.000 per kilogram dan pendamping Rp 500. Untuk komoditas kacang, fee kepala dinas Rp 1.000 per kilogram dan pendamping Rp 500 per kilogram.

Permintaan fee tersebut berlangsung sejak Juni 2020 sampai September 2021. Total yang telah mereka terima dari supplier mencapai Rp 1,4 miliar.

Selain menahan tersangka, penyidik juga mengamankan sejumlah barang bukti. Yakni berupa rekapan penyaluran BPNT, kuitansi atau nota dari supplier, dan uang tunai sebesar Rp 393.700.000.

Penyidik juga telah memeriksa sedikitnya 20 saksi yang berasal dari Dinas Sosial, supplier, pendamping, pengelola e-warung, KPM hingga Bulog. Penyidik masih mendalami alur tindak pidana korupsi tersebut, apakah melibatkan pejabat lain di Pemkot Kediri atau tidak.

Program BPNT diberikan oleh pemerintah pusat untuk membantu kebutuhan pangan warga miskin. Dalam periode Juni 2020 hingga September 2021, nilai BPNT yang diberikan kepada warga miskin Kota Kediri sebanyak Rp 76 miliar.



Simak Video "Ambil BLT Minyak Goreng Bonus Vaksinasi Booster"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)