Bea Cukai Blitar Gagalkan Peredaran Arak Bali Ilegal

Erliana Riady - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 22:59 WIB
Bea Cukai Blitar menggagalkan peredaran arak bali tanpa pita cukai. Total barang bukti yang diamankan yakni 126,6 liter arak bali.
Arak bali yang diamankan/Foto: Erliana Riady/detikcom
Surabaya -

Bea Cukai Blitar menggagalkan peredaran arak bali tanpa pita cukai. Total barang bukti yang diamankan yakni 126,6 liter arak bali.

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC-TMP C Blitar Thomas Edi Purwanto mengatakan, wilayah kewenangannya meliputi Blitar Raya, Trenggalek dan Tulungagung.

Dari tiga wilayah tersebut, pihaknya menerima informasi adanya pengiriman minuman mengandung etil alkohol (MMEA) di atas 5 persen. Arak bali dijual bebas di beberapa lapak online dengan nama dagang minuman tradisional.

Sesuai Undang-Undang Cukai Nomor 39 Tahun 2007, dijelaskan bahwa yang dikategorikan minuman tradisional itu diproduksi per hari tidak lebih dari 25 liter. Juga tidak dijual dalam kemasan eceran.

"Nah yang kami amankan ini total sebanyak 126,6 liter dan dikemas dalam botol-botol begitu. Berarti produk ini bukan kategori minuman tradisional dan harus dilekati pita cukai," jelas Thomas saat dikonfirmasi detikJatim, Rabu (19/1/2021).

Arak bali itu dikirim dari Denpasar dengan empat tujuan penerima. Dua penerima di Tulungagung, satu penerima di Trenggalek dan satu penerima di Blitar.

"Kami dapat keterangan dari seorang penerima berinisial AM, kalau arak bali ini dibeli online. Dan mau dikonsumsi sendiri. Tapi ya gak mungkin sampai beli ratusan liter begitu kalau mau diminum sendiri," tambahnya.

Penerima terancam melanggar Pasal 8 ayat 1(b). Ancaman hukumannya pidana penjara maksimal lima tahun. Namun Thomas menyatakan perlunya tindakan penanganan persuatif untuk mensosialisasikan perundangan itu.

"Karena ini pertama, mungkin penerima belum tahu aturannya ya. Jadi kami sosialisasikan dulu aturan perundangannya, sekaligus kami beri surat peringatan. Namun jika sampai diulangi, saya tegaskan hukuman penjara pasti menanti," pungkas Thomas.



Simak Video "Demo Tolak 3 Periode-Harga BBM, HMI Blitar Gelar Aksi Jalan Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/sun)