Pembuang Bayi Masih Hidup Terbungkus Plastik di Surabaya Ibu Kandung Sendiri

Deny Prastyo Utomo - detikJatim
Rabu, 19 Jan 2022 20:54 WIB
penemuan bayi di surabaya
Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya -

Polisi berhasil meringkus pelaku pembuang bayi laki-laki di Jalan Sencaki, Kelurahan Sidotopo, Semampir. Pelaku adalah ibu bayi sendiri.

Pelaku diketahui berinisial ER (21) warga Sampang yang tinggal di kos di Kawasan Semampir. Pelaku diamankan pada Selasa (18/1).

"Pada Selasa (18/1), kami berhasil mengamankan yang diduga ibu dari bayi tersebut. Kami lakukan pemeriksaan hingga saat ini," kata Waka Polres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Wahyu Hidayat saat rilis di Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (19/1/2022).

Wahyu menambahkan pelaku melahirkan bayi sendiri di dalam kamar kos tersebut pada Senin (17/1) sekitar pukul 02.00 WIB. Selanjutnya, sekitar pukul 14.00 WIB, bayi tersebut oleh pelaku di bawa ke Jalan Sencaki gang 2 dan di taruh di pinggir jalan.

Pelaku dari kos-kosan, membawa bayi tersebut menggunakan bungkus plastik warna hitam. Kemudian bayi dialasi menggunakan baju warna pink dan juga baju warna kuning.

"Alhamdulillah bayi tersebut ditemukan dalam kondisi sehat. Sehingga pada saat bertemu, kita langsung koordinasi dengan klinik setempat, dan sekarang di rawat oleh bidan di wilayah Semampir," lanjut Wahyu.

Dari hasil pemeriksaan awal yang dilakukan oleh penyidik, motif pelaku membuang bayinya tersebut lantaran tidak mampu merawat bayi yang telah di lahirnya akibat hasil hubungan di luar nikah.

"Yang bersangkutan, dahulunya berkenalan dengan seorang pria, yang selama 4 bulan berhubungan pacaran. Kemudian mereka berhubungan suami istri. Pada saat yang bersangkutan hamil, si laki-laki tersebut hilang kontak," lanjut Wahyu.

Akibat kejadian tersebut, pelaku terancam di jerat Pasal 13 ayat (1) huruf C dan ayat (2) Undang-undang No 23 tahun 2002 Jo Pasal 307 KUHP dan atau Pasal 305 KUHP tentang perlindungan anak dengan ancaman 7 tahun penjara.



Simak Video "Geger Bayi di Manado Dibuang ke Tempat Sampah Pakai Kardus Sepatu"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)