Menyusuri Lorong Waktu Era Megalitikum di Bondowoso

Menyusuri Lorong Waktu Era Megalitikum di Bondowoso

Chuk Shatu W - detikJatim
Sabtu, 10 Sep 2022 14:02 WIB
benda megalitikum
PIMB di Desa Pekauman Bondowoso/ Foto: Chuk Shatu W/detikJatim
Bondowoso -

Bondowoso dikenal dengan sebutan Kota Tape karena daerah ini merupakan penghasil tapai. Namun, Bondowoso ternyata menyimpan sejumlah situs peninggalan era megalitikum.

Sebanyak 18 dari 23 kecamatan di Bondowoso memiliki situs-situs megalitik. Saat melihatnya, kita seolah seolah diajak menyusuri lorong waktu kembali ke zaman prasejarah. Seperti apa itu? berikut ulasan yang telah dirangkum detikJatim.

Ada 8 kecamatan yang menyimpan situs megalitik terbanyak. Yakni Kecamatan Grujugan, Maesan, Wringin, Pujer, Tlogosari, Tamankrocok, Tapen, dan Klabang.

"Kabupaten Bondowoso sebenarnya layak kalau disebut 'kota seribu megalitik'," kata sejarawan Bondowoso, Tantri Raras Ayuningtyas kepada detikJatim, Sabtu (10/9/2022).

benda megalitikumBatu Kenong sebagai salah satu benda megalitikum Foto: Chuk Shatu W

Benda-benda peninggalan zaman megalitikum yang ditemukan di sana sangat beragam. Mulai dari sarkofagus, dolmen, menhir, batu kenong, arca batu, serta puluhan jenis lainnya.

Benda-benda peninggalan zaman prasejarah tersebut konon sudah ada sejak sebelum Masehi (SM) dan masih terlihat jejaknya hingga kini. Sehingga bisa dijadikan wisata edukasi sejarah.

"Ini dapat dijadikan tempat penelitian megalitik di Jawa Timur untuk pembelajaran sejarah lokal," ujar Tantri Raras.

Salah tempat yang ditemui banyak benda megalitik adalah Desa Pekauman, Kecamatan Grujukan, Bondowoso. Di sana terdapat batu kenong.

Batu kenong merupakan batu berbentuk silindris dan terdapat tonjolan atau kenong di atas dan tengahnya. Belum diketahui secara pasti fungsinya. Namun, konon berhubungan dengan pemujaan arwah nenek moyang.

Di Desa Pekauman juga terdapat Pusat Informasi Megalitikum Bondowoso (PIMB). Yakni tempat yang memiliki ratusan benda peninggalan zaman prasejarah. Sampai saat ini, tempat tersebut masih difungsikan untuk mecatat berbagai peninggalan benda prasejarah.



Simak Video "Piknik Cantik di Kawah Wurung, Bondowoso"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/dte)